Artikel

Tempat Liburan Unik Nan Indah di Indonesia (Part 2)

Tempat Liburan Unik yang Layak untuk Dikunjungi

Menyambung dari artikel sebelumnya, bagian part 1 artikel tempat liburan unik dan indah di Indonesia. Berikut adalah berbagai tujuan wisata di Indonesia yang bisa jadi alternatif liburan anda.

Tempat liburan unik di Indonesia sangat beragam. Ada banyak lokasi wisata yang bisa jadi pilihan bagi yang ingin menikmati waktu liburan.

Bagi kamu yang ingin merasakan liburan yang berkesan bisa mendatangi beberapa destinasi wisata menarik berikut ini.

1. Situs Purbakala Kokas

situs purbakala kokas
image credit: traveltodayindonesia.com

Situs purbakala merupakan destinasi wisata yang menarik untuk di jelajahi. Di Kabupaten Fakfak Provinsi Papua terdapat suatu situs purbakala yang unik.

Supaya bisa melihat situs dengan lebih baik. Wisatawan sebaiknya berkunjung ketika air sedang pasang. Untuk menikmati pemandangan situs pengunjung bisa menaiki tebing di dekat situs.

Masyarakat sekitar situs menyebut tempat ini dengan nama Tapurarang. Sebutan tersebut berasal dari lukisan dengan cap tangan warna merah di tebing.

Keunikan lain dari situs ini adalah lukisan dinding yang mirip dengan lukisan dinding di daerah Kalimantan dan Sulawesi.

2. Benteng Fort Rotterdam

benteng fort rotterdam

Di Sulawesi terdapat peninggalan sejarah yang unik yakni benteng fort Rotterdam. Tempat bersejarah ini didirikan di masa kerajaan Gowa-Tallo, bangunannya dibuat dengan menggunakan tanah liat.

Kemudian di masa sultan Alauddin bangunan benteng diganti menggunakan batu padas.

Benteng ini tidak saja jadi cara untuk bertahan dari musuh tetapi juga dipakai sebagai tempat untuk menampung rempah-rempah.

3. Masjid Menara Kudus

masjid menara kudus
image credit: wikipedia.org

Lokasi wisata sejarah yang tidak kalah menarik adalah masjid menara kudus. Bangunan ini memiliki latar sejarah yang bisa menambah pengetahuan para wisatawan.

Bangunan ini didirikan pada tahun 1549. Bangunan ini keunikan tersendiri, pada bagian dalam masjid terdapat menara dengan tangga yang terbuat dari kayu jati. Selain itu, terdapat 3 susunan menara di bagian luar masjid.

Masjid tertua di Indonesia ini berada di bagian barat makam Sunan Kudus. Wisatawan yang datang kebanyakan melakukan perziarahan serta menikmati keindahan arsitektur masjid.

Wisatawan yang ingin suasana yang berbeda bisa mengunjungi masjid ini saat bulan ramadhan ketika festival dhandhangan diadakan.

4. Taman Sari

taman sari

Yogyakarta tidak saja unik dari segi kebudayaan tetapi juga bangunan bersejarah. Salah satu tempat tujuan wisata yang layak untuk didatangi adalah taman sari.

Tempat ini merupakan bangunan yang didirikan sekitar tahun 1755. Di sekitar taman terdapat bangunan kuno dengan ruangan dengan ukiran pada bagian dalam ruangan.

Di dalam bangunan taman sari terdapat kolam pemandian, jembatan gantung, lorong bawah air, dan kanal. Tempat wisata satu ini sering menjadi tempat untuk pemotretan karena keindahan bangunannya.

5. Kota Tua

kota tua jakarta

Tempat liburan unik bersejarah ini terletak di Jakarta. Kota tua ini merupakan salah satu peninggalan pusat pemerintahan Indonesia di masa zaman kolonial.

Di kota tua terdapat 3 bangunan yang menjadi situs sejarah yang bisa dikunjungi wisatawan. Ketiga bangunan tersebut antara lain kantor pos, museum sejarah Jakarta, museum seni rupa dan keramik.

Tempat-tempat tersebut dahulu merupakan bangunan penting di masa pemerintahan kolonial. Kota tua kini dijadikan tempat bersejarah yang populer di kalangan warga setempat serta wisatawan.

Lokasi wisata ini mudah di akses karena letaknya tidak jauh dari pusat kota. Banyak orang yang berkunjung ke tempat ini untuk berwisata atau sekadar menghabiskan waktu di lapangan dekat tempat wisata.

6. Candi Borobudur

candi borobudur indonesia

Di Indonesia terdapat banyak candi yang dapat dikunjungi. Salah satu tempat wisata yang populer dengan kekayaan sejarah dan keunikan bangunannya adalah candi Borobudur.

Bangunan candi ini tergolong unik karena dibangun tanpa mempergunakan semen sebagai perekat bangunan.

Bangunan dibuat dengan menggunakan balok yang tersusun dengan peletakan yang saling mengunci.

7. Masjid Raya Baiturrahman

masjid raya baiturrahman indonesia

Masjid ini merupakan tempat liburan unik yang terletak di kota Banda Aceh. Lokasi wisata ini mulai dibangun pada tahun 1612.

Di masa Kesultanan Aceh tempat ini merupakan markas yang juga dipergunakan sebagai benteng pertahanan ketika perang.

Pada masa tersebut, pasukan perang menggunakan masjid ini sebagai tempat untuk menyusun strategi perang. Tempat wisata ini menarik untuk dikunjungi saat liburan di Aceh.

8. The Hidden Paradise Gili Labak

hidden paradise gili labak indonesia
image credit: superadventure.co.id

Wisata ke Madura rasanya kurang lengkap apabila belum mengunjungi tempat satu ini. Pulau ini terletak tidak jauh dari jembatan Suramadu.

Untuk berkunjung ke pulau ini, wisatawan perlu menaiki kapal yang ada di pelabuhan Kalianget. Pulau ini punya keindahan alam yang begitu mempesona.

Pulau ini punya pasir putih yang indah dan perairan yang jernih. Tempat ini sangat cocok dijadikan tempat untuk berenang dan snorkeling untuk melihat pemandangan bawah laut.

9. Pantai Sembilan

pantai sembilan indonesia
image credit: sorotpublik.com

Kecantikan pantai dan keasrian pulau sembilan menjadi salah satu daya tarik dari pulau ini. Wisatawan yang ingin berkunjung ke pulau ini perlu menempuh perjalanan selama 1-2 jam dengan jalur penyeberangan.

Selama di pulau ini, wisatawan bisa menikmati kegiatan menyenangkan seperti snorkeling atau bermalam di cottage dengan tarif yang sangat terjangkau.

10. Pantai Tiga Warna

pantai tiga warna indonesia
image credit: superadventure.co.id

Bagi wisatawan yang ingin menjelajah keindahan laut kota malang bisa berkunjung ke pantai yang terletak di malang selatan. Pantai ini punya pesona alam yang indah karena selalu terjaga kebersihannya.

Hal ini dikarenakan adanya penjaga pantai yang memastikan kondisi lingkungan di sekitar pantai tetap terjaga.

Wisatawan dilarang mengotori lingkungan sekitar pantai atau membuang sampah sembarangan. Jika ada yang melanggar akan dikenakan denda Rp 100.000 untuk setiap sampah yang dibuang.

Hal yang tidak kalah unik adalah adanya aturan pembatasan pengunjung pantai. Untuk setiap harinya pengunjung pantai dibatasi hanya 100 orang saja. Keunikan dari pantai ini adalah pasir pantai yang indah. Pantai ini punya tiga warna pasir, mulai dari biru muda kehijauan, biru tua, dan pink.

Untuk bisa berkunjung ke pantai ini, wisatawan perlu mendatangi tempat pendaftaran yang terletak cukup jauh. Rasa lelah akan terbayarkan dengan keindahan pantai yang menawan.

11. Pulau Kanawa

pulau konawa indonesia

Pulau yang ada di NTT ini merupakan pulau dengan panorama alam yang begitu indah penuh pesona. Pulau satu ini terletak tidak jauh dari pulau komodo.

Pulau ini sangat terkenal dan belum banyak dikunjungi wisatawan. Wisatawan yang berenang di tempat ini dapat menikmati pesona bawah laut pantai ini.

Pantai ini memiliki air yang jernih dengan hewan laut yang sangat indah. Para wisatawan yang terpesona dengan pantai ini bisa bermalam untuk menikmati pemandangan pantai di malam hari.

12. Pantai Nglambor

pantai nglambor indonesia
image credit: outingjogja.com

Pantai di Yogyakarta kebanyakan terkenal dengan ombak yang kuat sehingga tidak cocok dijadikan tempat untuk snorkeling. Tapi hal ini tidak berlaku dengan pantai nglambor.

Pantai ini punya arus laut yang aman untuk dijadikan lokasi untuk snorkeling. Di sekitar pantai terdapat dua batu karang yang besar yang bisa mengurangi kekuatan arus ombak.

Air di pantai ini terlihat sangat jernih sehingga bisa memanjakan wisatawan yang ingin menikmati dasar laut. Hewan laut yang menjadi salah satu daya tarik dari pantai ini adalah ikan Moorish Idol. Selama di pantai ini wisatawan bisa berfoto dengan ikan ini.

13. Pintu Langit Dahromo

pintu langit dahromo indonesia
image credit: backpackerjakarta.com

Tempat liburan unik ini tidak saja terbatas pada pemandangan alam yang indah. Tempat wisata ini juga menawarkan daya tarik wisata yang berupa menara dengan pintu dengan latar belakang pemandangan alam.

Deretan bukit dan menara pintu di tempat ini jadi tempat yang menarik untuk dijadikan lokasi berfoto. Wisatawan yang ingin menikmati pesona tempat ini hanya perlu membayar tarif masuk sebesar Rp 10.000.

14. Ayunan Langit Watu Jaran

ayunan langit watu jaran indonesia
image credit: sobatjogja.com

Bagi yang ingin mengunjungi tempat liburan unik bisa mendatangi ayunan langit satu ini. Ayunan ini bisa menjadi cara menikmati liburan bagi yang suka dengan tantangan.

Wisatawan bisa menaiki ayunan yang berada di ketinggian 800 meter dari permukaan laut. Wisatawan tidak perlu ragu untuk menaiki ayunan ini sebab ayunan sudah dilengkapi dengan perlengkapan pengaman.

Saat menaiki ayunan wisatawan bisa berfoto dengan latar pemandangan alam.

15. Air Terjun Gedad

air terjun gedad indonesia
image credit: ksmtour.com

Bagi yang menyukai pemandangan alam dengan air terjun yang indah bisa mengunjungi tempat satu ini. Air terjun di tempat ini memiliki arus yang kencang dengan keindahan alam yang mempesona.

Air terjun dengan arus yang bertingkat tersebut, memiliki pemandangan yang sangat indah. Air terjun gedad sangat menyejukkan dan sangat cocok dijadikan tempat berfoto dan menikmati pesona alam.

16. Bukit Panguk

bukit panguk indonesia
image credit: rekamjejak.web.id

Bagi yang suka berfoto dan mencari tempat liburan unik bisa datang ke lokasi satu ini. Di bukit ini wisatawan bisa menikmati pesona alam. Bukit ini terletak di lokasi tepatnya di Kediwung, Mangunan, Bantul.

Wisatawan bisa datang saat pagi hari untuk menikmati pemandangan yang menawan dengan latar belakang pemandangan matahari terbit yang penuh pesona.

17. The Lost World Castle

the lost world castle indonesia
image credit: dakatour.com

Tempat wisata dengan panorama alam yang indah ini termasuk destinasi wisata yang cukup populer di kawasan Yogyakarta. Lokasi tempat ini berada di lereng gunung merapi, sehingga punya berbagai angle foto yang mempesona.

Tempat wisata ini berada di daerah Sleman. Desain bangunan yang unik ini menjadikan lokasi wisata ini sebagai tempat yang menyenangkan untuk dikunjungi.

18. Stonehenge

stonehenge indonesia
image credit: gunungkidulku.com

Tempat liburan yang unik satu ini berada di Sleman tepatnya di area Kaliadem. Di tempat ini terdapat batuan berukuran besar. Bebatuan tersebut merupakan sisa erupsi dari gunung Merapi.

Bangunan bebatuan ini memiliki tinggi 4 meter dan akan semakin indah terlihat saat siang hari diwaktu matahari terik.

Wisatawan tidak perlu mengeluarkan banyak biaya untuk masuk ke tempat wisata satu ini. Pengunjung hanya perlu membayar biaya untuk parkir mobil.

19. Desa Penglipuran

desa penglipuran indonesia
image credit: tourhotelbali.com

Desa yang terletak di Bali ini merupakan desa dengan kebudayaan dan keindahan yang menawan. Desa ini tertata dengan rapi serta teratur.

Keunikan desa satu ini terletak pada tata bangunan serta kebudayaan dari warga setempat. Desa ini terletak tidak jauh dari pusat kota.

Banyak wisatawan yang mengunjungi tempat ini untuk melihat kearifan lokal warga setempat. Biaya masuknya hanya Rp. 15.000 untuk dewasa dan Rp.10.000 untuk anak-anak.


Liburan di Indonesia bisa menjadi cara terbaik untuk berwisata. Ada banyak pilihan lokasi wisata yang menarik untuk dijadikan tempat berlibur yang menyenangkan.

Seperti yang dijelaskan di atas, berbagai tempat wisata tersebut bisa menjadi pilihan tempat liburan unik yang berkesan. Selamat Berlibur!

TAGS
#liburan #tempat liburan #tempat liburan di indonesia #tempat liburan indah #tempat liburan unik