Artikel

18 Film yang Dijamin akan Membuat Anda Terinspirasi

Film-Film Inspirasi untuk Menambah Motivasi

Setiap hari, kita berharap menjadi lebih baik dari hari sebelumnya, entah dalam bidang keuangan, karier hingga keluarga. Biasanya, orang-orang mencari inspirasi maupun motivasi dengan berbagai macam hal seperti berlibur hingga nongkrong bersama dengan sahabat.

Dari berbagai macam hal yang menyenangkan, salah satu hal yang bisa Anda lakukan adalah menonton film-film yang menginspirasi.

Menonton film dengan berbagai macam pesan positif yang berada di dalamnya akan membangkitkan semangat yang berada di dalam diri untuk menemukan hal baik baru, hingga menyelesaikan masalah hidup yang sekarang mungkin sedang membelit Anda.

Pilihan Film-Film Inspirasi

Dari begitu banyak film yang dapat menginspirasi, berikut menurut kami beberapa film yang memiliki kesan positif yang dapat Anda tonton, silakan simak listnya berikut ini:

1. Inside Job (2010)

film inside job
credit image: IMDB

Inside Job merupakan film yang muncul pada tahun 2010. Inside Job merupakan film yang menceritakan mengenai investasi.

Inside Job sangat direkomendasikan bagi Anda yang ingin pandai di bidang ekonomi, lebih-lebih Anda yang sekarang ini merupakan mahasiswa dengan jurusan ekonomi.

Film dokumenter ini dibintangi oleh Matt Damon sebagai narator. Inside Job banyak menceritakan mengenai cara mencari solusi untuk menyelesaikan krisis ekonomi, entah level kecil hingga besar.

Jadi, tak ada salahnya menjadikan Inside Job sebagai referensi ekonomi.

2. Miracle in Cell No. 7 (2013)

film miracle in cell no.7
image credit: IMDB

Percaya atau tidak, Miracle in Cell No. 7 bukan hanya akan membuat Anda sesenggukan menangis, namun juga akan mengajarkan Anda mengenai kasih sayang ayah dan anak, serta persahabatan.

Miracle in Cell No. 7 bercerita mengenai seorang ayah dengan nama Lee Yong-Gu, ia memiliki cacat mental serta menjadi tersangka pembunuhan dan pelecehan terhadap anak gadis komisaris besar di kepolisian Seoul.

Kejahatan ini sebenarnya tidak pernah ia lakukan, dan inilah yang membuat teman-temannya di penjara memutuskan untuk membuat ia belajar membela diri di pengadilan sehingga ia dapat terlepas dan tuduhan.

Sepanjang cerita film Miracle in Cell No. 7 ini, Anda akan disuguhkan begitu banyak adegan komedi antara teman-teman napi dan Yong-Gu. Selain itu buah hatinya Yesung akan membuat Anda meneteskan air mata karena begitu rindu dengan ayahnya.

Meskipun Miracle in Cell No. 7 memiliki akhir yang sangat mengejutkan, namun makna dari film ini akan membuat Anda tergugah dengan kasih sayang sahabat dan keluarga.

3. The Intern (2015)

film the intern
image credit: IMDB

Apakah Anda sekarang mulai kehilangan motivasi dalam bekerja atau berkarier? Jika demikian, sepertinya Anda perlu menonton film The Intern. The Intern merupakan film yang keluar pada tahun 2015.

Film ini dapat membuat Anda kembali bersemangat bekerja. The Intern menceritakan Ben Whittaker seorang pensiunan yang bosan pada hidupnya. Karena bosan, Ben memutuskan untuk bekerja sebagai seorang intern di sebuah perusahaan startup.

Bekerja sama dengan bosnya yang bernama Jules, Ben mempelajari begitu banyak hal baru di dalam dunia teknologi dan bisnis. Bahkan, dengan adanya Ben, permasalahan bisnis dan keluarga yang dihadapi oleh Jules terselesaikan serta membuat Jules menjadi semakin bahagia.

Memang, bekerja tidak selalu mulus seperti yang kita harapkan, lebih-lebih saat menjalankan bisnis, dan parahnya bisnis atau pekerjaan tersebut menyita waktu.

Kita harus ingat, usia tua bukan menjadi alasan untuk berhenti bekerja, lebih-lebih usia muda yang masih produktif dan seharusnya bisa bekerja lebih baik dan optimal lagi.

Melalui pekerjaan yang kita lakukan, kita dapat memberikan manfaat untuk banyak orang.

4. Haji Backpacker (2014)

film haji backpacker
image credit: IMDB

Haji Backpacker adalah film Indonesia yang bercerita mengenai seseorang yang berhasil menemukan sebuah kedamaian di dalam hidup karena ia dapat mendekatkan diri pada Tuhan serta menemukan berbagai makna indah dari ajaran agama.

Perjalanan Abimana yang berperan sebagai Mada berawal dari dirinya yang patah hati dan stres akibat gagalnya pesta pernikahan karena mempelai wanita mendadak kabur ketika acara berlangsung.

Setelah peristiwa tersebut terjadi, ia pun meluapkan kemarahan pada Tuhan dan pergi keluar rumah tanpa tujuan, semakin lama ia melupakan Tuhan dan seluruh ajaran agamanya.

Saat berada dalam hidup yang sesat, ia melewati hari dengan penuh kecemasan dan mimpi buruk ketika tidur. Sesudah berbagai macam kejadian buruk ia alami, Abimana akhirnya menyadari bila ia tetap dilindungi Tuhan, meskipun ia hidup di jalan yang tak benar.

Haji Backpacker mengambil lokasi syuting di 9 negara termasuk Indonesia. Jadi selain cerita yang dapat menginspirasi, film ini juga memperlihatkan lokasi-lokasi indah di berbagai negara antara lain Thailand, Vietnam, Cina, India, Tibet, Nepal, Iran dan Arab Saudi.

5. Wonder (2017)

film wonder
image credit: IMDB

Film menginspirasi tentang seorang anak bernama August Pullman (dipanggil Auggie), yang memiliki wajah “berbeda” sejak lahir. Kisahnya berfokus pada saat Auggie akan mulai memasuki sekolah.

Auggie dan keluarganya merasa gelisah akan tanggapan orang-orang di lingkungan sekitarnya terhadap wajahnya Auggie.

Wonder akan menginpirasi kita semua bagaimana kekuatan keluarga menjadi pondasi yang teramat penting dalam menghadapi masalah apapun.

Kisah perjalanan Auggie dalam menghadapi lingkungan sekolahnya, dan juga bagaimana sikap orang tua dan kakaknya yang mendukung Auggie akan memberikan kita pelajaran bahwa seberat apapun masalah yang kita hadapi, keluarga menjadi naungan yang akan selalu mendukung kita.

Film ini juga sangat bagus untuk kita sebagai orang tua. Karena film ini juga menggambarkan bagaimana kekompakkan seorang suami dan istri yang mendukung satu sama lain serta bahu membahu dalam mengurus problematika kehidupan rumah tangga dan anak-anak mereka.

6. Alangkah Lucunya Negeri ini (2010)

film alangkah lucunya negeri ini
image credit: IMDB

Alangkah Lucunya Negeri ini juga termasuk dalam film-film Indonesia yang menginspirasi. Film ini memiliki genre drama yang akan membuat Anda sadar betapa pentingnya sifat pantang menyerah untuk membuat sebuah perubahan ke arah yang lebih baik.

Alangkah Lucunya Negeri ini menceritakan Muluk, bendahara yang mengolah uang hasil copetan. Meskipun Muluk memiliki pekerjaan kriminal dan bisa dikatakan tidak baik, namun Muluk diam-diam menyisihkan uang copetan menjadi dana untuk mendidik pencopet agar memiliki nasib lebih baik.

Pelan tapi pasti, kerja keras yang dilakukan Muluk pun terlihat, dan sahabat-sahabatnya memiliki kehidupan dan pekerjaan yang lebih baik.

7. The Greatest Showman (2017)

film the greatest showman
image credit: IMDB

Bisa dikatakan The Greatest Showman merupakan film baru, karena film ini baru dirilis pada tahun 2017 lalu. Kisah di film The Greatest Showman terinspirasi dari kisah nyata Phineas Taylor Barnum. Di zamannya, Phineas Taylor Barnum adalah orang yang berpikiran out of the box.

Ia bukan seseorang dari keluarga kaya raya, namun Phineas Taylor Barnum berhasil menjadi pencetus bisnis sirkus. Pertunjukannya disajikan dengan konsep drama musikal dan banyak pelajaran yang begitu berharga muncul pada film The Greatest Showman ini.

Perjuangan Phineas Taylor Barnum yang memulai bisnisnya dari nol sangat patut diacungi jempol. Selain itu dari The Greatest Showman kita dapat memetik pelajaran jika kesuksesan akan hadir jika Anda dapat menjadi seorang yang visioner.

8. The Wolf of Wall Street (2013)

film the wolf of wall street
image credit: IMDB

Bagi pecinta Leonardo Dicaprio, film The Wolf of Wall Street sepertinya bukan film yang asing di dengar. Leonardo Dicaprio bahkan berhasil masuk ke banyak nominasi aktor terbaik karena kualitas akting yang dimilikinya. Salah satu kualitas aktingnya terlihat apik dalam film The Wolf of Wall Street.

The Wolf of Wall Street menceritakan seorang pria dengan nama Jordan Belfort yang berjuang menjadi broker investasi serta investor sukses di Amerika.

Semua kesuksesan tersebut ia dapatkan dengan penuh ketekunan, serta kegigihannya dalam mencapai sukses.

9. The Pursuit of Happines (2006)

image credit: IMDB

The Pursuit of Happines menceritakan cara untuk menjadi broker sukses, meskipun dalam keadaan miskin serta tak memiliki apapun. Di film The Pursuit of Happines, Anda akan diajarkan “tak ada yang tak mungkin bila gigih dan sabar”.

Bukan hanya membuat Anda belajar mengenai arti pantang menyerah, namun Anda juga akan mengetahui arti orang terkasih di dalam hidup. The Pursuit of Happines difilmkan berdasarkan kisah nyata yang dibintangi oleh Will Smith.

Di The Pursuit of Happines, Will Smith diceritakan sebagai seorang pengusaha yang bangkrut serta mencoba bangkit menjadi broker untuk memberikan kehidupan yang baik untuk anak semata wayangnya.

10. Margin Call (2011)

film margin call
image credit: IMDB

Film ini memiliki alur yang sangat lambat dan detail. Jika Anda ingin mengetahui mengapa krisis global pada tahun 2007 – 2008 dapat terjadi serta memberi efek pada investasi, Anda harus menonton Margin Call.

Margin Call seperti ingin menyampaikan, seperti apa bank mengalami kehancuran yang dapat menyebabkan terjadinya masalah keuangan dunia.

Di sini, kita diajarkan mengenai pentingnya menabung, dan investasi, agar ketika terjadi krisis kita tetap dapat berdiri kokoh.

11. Too Big to Fail (2011)

film too big to fail
image credit: IMDB

Too Big to Fail merupakan film yang mengisahkan seorang menteri keuangan negara adidaya yang gagal dalam menangani krisis global yang sedang datang melanda.

Seperti yang kita ketahui, saat sebuah negara adidaya goyah, hal ini akan mempengaruhi elektabilitas di berbagai negara, bahkan termasuk negara kecil.

Sehingga, dalam film Too Big to Fail, kita seperti ditunjukkan seperti apa masalah kredit rumah macet serta gagalnya keuangan negara di dalam skala yang besar.

12. The Big Short (2015)

film the big short
image credit: IMDB

The Big Short merupakan film yang dikemas dengan begitu apik dan ringan. Dalam film The Big Short, Anda seperti diajak melihat sebuah kenyataan serta memikirkan bagaimana cara melakukan investasi ke depannya.

Jika Anda sekarang ini merupakan investor, di film The Big Short juga menunjukkan jika investasi properti dapat hancur dan tidak diminati.

Hal ini bisa membuat kita lebih bijak serta berusaha mengalir mengikuti arus yang ada, bila ingin menjadi seorang investor yang berhasil. The Big Short diperankan oleh Brad Pitt serta Christian Bale.

13. Boiler Room (2000)

film boiler room
image credit: IMDB

Film Boiler Room ini begitu dekat dengan realita dunia investasi. Jika Anda ingin tahu seperti apa penipuan, kekasaran hingga kelicikan yang ada dalam dunia investasi, Boiler Room dapat membuka mata Anda.

Boiler Room menceritakan seorang mahasiswa yang di DO atau dropout dari kampus. Mereka akhirnya bekerja di pialang saham dan sukses.

Sayangnya, mereka tidak memiliki sifat yang bijaksana hingga dilanda kebangkrutan. Di Boiler Room, kita seperti diajarkan bagaimana cara untuk memulai investasi serta efek saat tidak bijak kepada diri sendiri.

14. Enron: The Smartest Guys in The Room (2005)

film Enron The Smartest Guys in The Room
image credit: IMDB

Biasanya, saat menjadi kaya dan sukses, seseorang akan lupa jika roda bisa saja berputar.

Di film Enron: The Smartest Guys in The Room, Anda akan melihat bagaimana seseorang dapat hancur dalam waktu yang singkat entah disengaja atau pun tidak disengaja.

Selain itu, dalam Enron: The Smartest Guys in The Room juga dijelaskan bagaimana para eksekutif mengalami sebuah hidup naik turun serta mencoba bertahan di atas hidup yang mereka jalani.

15. Forrest Gump (1994)

film forrest gump
image credit: IMDB

Sebenarnya, judul Forrest Gump ini diambil dari nama si tokoh utama. Film ini menceritakan Forrest Gump yang sering mendapat perundungan, karena ia memiliki keterbatasan fisik serta kecerdasan yang berada di bawah rata-rata.

Walaupun demikian, Forrest Gump memiliki kemampuan berlari begitu cepat, bahkan ia berlari mengelilingi Amerika Serikat selama 3.5 tahun lamanya, sehingga membuat Forrest Gump terkenal.

Forrest Gump bahkan berhasil masuk pasukan militer Amerika Serikat dan berhasil mengembangkan bisnis udang bersama temannya.

Di sini, dari kisah Forrest Gump pelajaran yang bisa kita ambil adalah keterbatasan fisik serta mental bukan menjadi penghalang kesuksesan, bahwa kesuksesan merupakan hak semua orang.

16. About a Boy (2002)

film about a boy
image credit: IMDB

About a Boy diadaptasi dari novel Nock Hornby. Film About a Boy menceritakan seperti apa pertemuan antara Will dan bocah berumur 12 tahun bernama Markus.

Pertemuan ini ternyata membawa begitu banyak perubahan pada mereka. Will yang dulunya egois dan memiliki sifat kekanak-kanakan seperti terpanggil untuk mendampingi Markus yang terasing dari temannya.

Di film About a Boy, kita akan menemukan berbagai macam konflik yang membuat keduanya saling membutuhkan. Bahkan, kita bisa menemukan adegan-adegan mengharukan di film ini.

17. Slumdog Millionaire (2008)

film slumdog millionaire
image credit: IMDB

Slumdog Millionaire bercerita mengenai anak jalanan bernama Jamal Malik yang memenangkan sebuah kuis. Namun, perjalanan Jamal si pemeran utama begitu menginspirasi untuk disimak, lebih-lebih kisah kaum menengah ke bawah jarang diangkat di layar lebar.

Jamal Malik tinggal di jalanan karena terpisah dengan ibunya dan menghadapi hidup yang keras semasa kecil. Namun ia menjadi contoh, bahwa seperti apapun kondisi yang Anda miliki, Anda tetap harus berusaha dengan keras.

Yang paling menarik dari film ini adalah bagaimana proses Jamal dapat menjawab berbagai pertanyaan kuis yang dia ikuti. Di film ini kita dapat mengambil pelajaran bahwa sepahit apapun pengalaman hidup, akan sangat berharga dan bermanfaat buat hidup kita dikemudian hari.

18. 9 Summers 10 Autumns (2013)

film 9 summers 10 autumns
image credit: IMDB

Dirilis tahun 2013, film 9 Summers 10 Autumns ini menceritakan Iwan yang berasal dari Malang. Di sana, Iwan tinggal bersama dengan orang tuanya di rumah kecil dengan ukuran 6 X 7 meter. Saking kecilnya, Iwan bahkan tak memiliki kamar sendiri.

Berasal dari keluarga yang pas-pasan, ayah Iwan bekerja sebagai sopir angkot, sedangkan ibunya tak tamat SD. Walaupun demikian, Iwan memiliki mimpi besar, ia pun begitu gigih mengejar mimpinya tersebut.

Pendidikan yang dimilikinya berhasil membawanya bekerja di Amerika Serikat. Iwan bahkan memperoleh posisi bagus di perusahaan tersebut.

Di film 9 Summers 10 Autumns ini, kita diajarkan bahkan kesuksesan dapat diraih dengan terus giat belajar. Pendidikan akan mengubah cara pandang, bahkan dapat menjadi batu loncatan untuk meraih kesuksesan.


Jangan salah, menonton film dapat menjadi hobi positif bila Anda menonton film-film inspirasi yang memang memiliki makna yang dapat membawa sebuah perubahan baik di hidup Anda.

Lebih-lebih sekarang ini ada berbagai macam genre film, sehingga membuat Anda memiliki banyak pilihan untuk menambah pengetahuan di bidang apapun. Selamat Menonton!

TAGS
#film #film inspirasi #film menginspirasi #rekomendasi film