Artikel

Tempat Liburan Unik Nan Indah di Indonesia (Part 1)

Tempat Liburan Unik yang Menarik di Indonesia

Liburan menjadi saat yang paling tepat untuk berwisata. Pilihan tempat wisata ada banyak ragamnya. Di Indonesia ada banyak tempat yang sangat mempesona untuk dikunjungi.

Berbagai tempat wisata tersebut ada yang sudah banyak dikenal, ada pula yang masih asing di kalangan wisatawan. Bagi yang sedang mencari informasi mengenai tempat liburan unik yang menyenangkan di Indonesia bisa simak informasi berikut ini.

1. Danau Toba dan Samosir

danau toba dan samosir

Ada banyak danau yang tersebar di Indonesia. Keindahan alam tersebut tentu sangat tepat untuk dikunjungi.

Salah satu danau yang populer di Indonesia adalah danau toba. Danau toba tidak saja indah tetapi juga memiliki keunikan yang berbeda dari danau lainnya.

Di danau toba terdapat sebuah pulau yang berada di bagian tengah danau. Pengunjung danau ini tidak hanya bisa menikmati pemandangan di sekitar danau tetapi juga bisa memancing dan melihat keseharian warga lokal. Wisatawan juga bisa menikmati kuliner lokal yang ada di sekitar danau.

2. Danau Kakaban

Image Credit: seputardanaudiindonesia.blogspot.com

Danau lain yang tidak kalah menarik dengan danau toba adalah danau kakaban. Di sekitar danau terdapat karang yang berada di ketinggian 50 meter di sekitar permukaan laut.

Karang yang terbentuk tersebut membuat air terperangkap sehingga terbentuk danau yang indah. Danau ini menjadi tempat hidup ubur-ubur. Jika pada umumnya ubur-ubur memiliki sengat yang beracun, ubur-ubur di danau ini tidak beracun.

Ubur-ubur di danau ini menjadi tidak beracun karena hidup ribuan tahun di danau tawar. Karena tidak beracun wisatawan bisa berenang sambil menikmati pemandangan di bawah air.

Keunikan danau ini menjadi salah satu alasan bagi wisatawan untuk menjelajah danau kakaban.

3. Kawah Ijen

kawah ijen

Diantara banyak kawah yang ada di Indonesia. Kawah ijen di Banyuwangi mungkin menjadi salah satu tempat liburan unik yang layak didatangi.

Kawah ijen terlihat sangat indah karena cahaya kebiruan ketika dini hari. Wisata di kawah ini menjadi makin menarik ketika pengunjung melakukan penjelajahan.

Selain itu pengunjung juga bisa melihat proses penambangan yang ada di sekitar kawah.

4. Pulau Komodo

pulau komodo

Pulau komodo menjadi suatu destinasi wisata yang tidak banyak ditemui di dunia. Pulau yang indah ini termasuk unik karena adanya komodo sebagai hewan langka.

Pulau ini tidak saja terkenal di Indonesia tetapi juga di dunia. Selain melihat habitat komodo di pulau ini, pengunjung juga bisa berjalan-jalan di sekitar pantai dengan pasir dengan warna pink yang indah.

Komodo yang menjadi daya tarik utama dari pulau ini memiliki ukuran tubuh yang panjangnya mencapai 2-3 meter. Komodo yang termasuk hewan purba yang unik.

Wisatawan yang datang ke pulau ini tidak hanya bisa menikmati keindahan alam dari pulau ini tetapi juga mendapat banyak pengetahuan.

5. Tanjung Puting

tanjung puting
Image Credit: superadventure.co.id

Belum banyak orang yang mengenal destinasi wisata satu ini. Tanjung putting merupakan taman nasional yang banyak dihuni orang utan. Wisatawan bisa menggunakan jasa tur untuk menjelajah Tanjung Puting.

Selama mengikuti tur wisatawan bisa berkeliling di sekitar hutan dengan menyusuri sungai.

Ketika menjelajah tempat liburan unik satu ini wisatawan bisa melihat berbagai satwa termasuk orang utan. Selain itu, panorama di sekitar Tanjung Puting juga bisa menjadi pengalaman yang menyenangkan untuk menghabiskan liburan selama di tanjung puting.

Setelah berkeliling wisatawan juga bisa memberi makan satwa yang ada di penangkaran.

6. Gunung Kelimutu

gunung kelimutu

Ada berbagai keunikan dari gunung Kelimutu. Salah satu keunikan dari tempat liburan unik satu ini adalah keberadaan tiga buah danau kawah yang berada di puncak gunung.

Keindahan danau Kelimutu terletak pada warna yang berubah dan berbeda-beda. Pada waktu tertentu, danau di gunung Kelimutu bisa berubah warna menjadi hitam, hijau, dan biru.

Perubahan warna danau tersebut terjadi karena adanya perubahan cuaca serta kandungan air dalam danau.

Selain pesona alam, danau satu ini juga memiliki cerita yang unik. Penduduk sekitar danau percaya bahwa tiga danau tersebut merupakan tempat bagi para arwah untuk pulang. Oleh karena itu, banyak penduduk lokal yang menjaga kelestarian dari gunung Kelimutu.

7. Pemakaman Trunyan

pemakaman trunyan
Image Credit: putrama.co.id

Berkunjung ke Bali tidak lengkap jika tidak datang ke tempat liburan unik satu ini. Desa Trunyan merupakan desa dengan keunikan pada budayanya. Desa ini memiliki pemakaman tradisional yang berbeda dari kebanyakan pemakaman.

Jika kebanyakan pemakaman menguburkan jenazah di dalam tanah, di desa ini jenazah hanya diletakkan di atas tanah dan ditutup kain putih. Di sekitar jenazah yang terbungkus kain putih terdapat kayu yang dirangkai di sekitar jenazah.

Uniknya, jenazah yang dibiarkan mengurai di permukaan tanah tersebut, tidak menimbulkan bau mayat sama sekali. Hal tersebut dikarenakan bau mayat diserap oleh pohon taru menyan yang dikubur di atas tanah.

8. Passiliran

passiliran tana toraja
Image Credit: kompasiana.com

Di Tanah Toraja terdapat pemakaman yang tidak kalah unik yaitu pemakaman Passiliran. Di tempat tersebut, ada pemakaman bayi yang bernama Kambira. Bayi yang meninggal dan belum mempunyai bayi akan di kubur di pohon Tarra.

Pohon tersebut dijadikan tempat untuk penguburan bayi karena memiliki kandungan getah yang tinggi. Penduduk lokal percaya bahwa getah dari pohon tersebut merupakan pengganti susu ibu.

Selain itu, penguburan dengan cara ini dipercaya oleh penduduk lokal sebagai cara untuk mengembalikan bayi ke dalam rahim ibunya agar dapat terlahir kembali.

9. Gua Gong

gua gong
Image Credit: pesona.travel

Gua ini terletak di Pacitan, keindahan dari gua ini terletak pada stalakmit dan stalaktit yang menghiasi sekitar gua. Hal yang menarik dari gua ini adalah batuan yang dapat menggaungkan bunyi ketika mendapat ketukan.

Batuan yang dipukul akan menimbulkan bunyi yang serupa gong yang terdengar nyaring dan bergema. Batuan yang berbunyi ini bisa menjadi salah satu destinasi utama yang ada di Pacitan.

Wisatawan yang ingin menjelajah tempat liburan unik ini bisa menikmati suasana yang indah di dalam gua dengan tangga dan jalur penjelajahan. Di dalam gua tersebut, terdapat lampu yang indah dan berwarna-warni.

Wisatawan yang menyusuri gua bisa melihat berbagai ruangan dalam gua dengan keunikan sejarahnya. Bagi wisatawan yang ingin lebih lama menjelajah tempat wisata di sekitar gua bisa menginap di penginapan sekitar tempat wisata.

10. Kawah Dieng

kawah dieng
Image Credit: travelspromo.com

Berbeda dengan kawah pada umumnya, kawah Dieng dapat berpindah di waktu tertentu. di kawah tersebut terdapat lontaran uap panas yang bisa membuat material di sekitar kawah berpindah.

Karena berpindah dan melompat kawah ini disebut dengan Sikidang atau Rusa. Kawah Sikidang terletak di lokasi yang berada di dataran tinggi dengan suhu yang dingin.

11. Nusa Penida

nusa penida bali

Pesona Bali tidak hanya terletak pada keunikan budayanya tetapi juga pesona alamnya. Nusa Penida merupakan wisata alam yang sangat menarik.

Meskipun tidak terlalu luas, pulau ini memiliki pesona alam yang menarik. Pantai serta lautnya masih sangat alami.

Wisatawan bisa berkunjung dan menikmati pemandangan bawah laut serta keindahan alam di sekitar pulau.

12. Sumur Raksasa di Laut Donggala

sumur raksasa laut donggala
Image credit: travellink-indonesia.com

Sumur raksasa dengan diameter mencapai 10 meter dan kedalaman 7 meter merupakan tempat wisata yang sangat unik. Sumur ini berisi air asin, dalam sumur tersebut terdapat lubang yang menjadi penghubung sumur dengan Laut Donggala.

Jarak antara sumur dengan tepi laut Donggala sekitar 500 meter. Wisatawan yang datang bisa menikmati air dalam sumur untuk menyelam dan berendam.

Banyak warga setempat yang percaya bahwa air dalam sumur dapat menyembuhkan penyakit. Oleh karena itu, beberapa wisatawan yang datang akan membawa pulang air yang ada dalam sumur.

Selepas menikmati keunikan sumur, wisatawan dapat menjelajah untuk menikmati keindahan alam dan biota laut di Pantai Donggala.

13. Danau Kaolin

danau kaolin

Danau Kaolin yang ada di Belitung merupakan salah satu tempat liburan unik dengan keindahan alami.

Danau biru ini dulunya merupakan galian penambangan kaolin yang kemudian menjadi tampungan air yang membentuk danau. Air danau ini sangat jernih dan tampak kontras dengan warna di sekitar danau.

Wisatawan yang datang saat kemarau akan mendapati pemandangan yang berbeda. Saat cuaca sangat panas wisatawan akan mendapati air danau menjadi surut. Meski begitu, keindahan sekitar danau tetap tampak unik.

14. Goa Jomblang

goa-jomblang
Image Credit: travel.kompas.com

Goa unik ini terlihat seperti cekungan sumur yang seru untuk dikunjungi. Dalam gua ini terdapat rumput, jamur, dan pepohonan yang tampak indah. Dalam goa ini ada banyak bebatuan serta vegetasi yang menarik.

Tidak hanya itu, sinar matahari yang masuk dalam goa juga tampak indah. Banyak wisatawan yang datang ke goa ini mengabadikan momen dengan berfoto atau melakukan penjelajahan di sekitar goa.

15. Taman Nasional Baluran

taman nasional baluran
Image Credit: triptrus.com

Wisatawan yang ingin menikmati keindahan alam dan menambah wawasan bisa mencoba datang ke tempat wisata satu ini. Di taman nasional ini wisatawan bisa melihat padang savana yang luas dengan beraneka ragam satwa.

Beberapa hewan yang bisa dijumpai di taman nasional ini antara lain, merak, elang, banteng, rusa, dan lain sebagainya.

Selain berkeliling menikmati pemandangan. Wisatawan yang ingin lebih lama menjelajah tempat ini bisa berkemah di area yang telah disediakan.

Di area tersebut, sudah disediakan beberapa fasilitas yang cukup memadai termasuk instalasi air dan toilet.

16. Rumah Hobbit

rumah hobbit bandung
Image Credit: mldspot.com

Berlibur menjadi lebih menarik jika mengunjung berbagai tempat yang unik. Salah satunya wisata di Farm House di Bandung. Di tempat wisata ini wisatawan bisa menikmati segarnya udara di lembang.

Wisatawan juga bisa berinteraksi dengan hewan lucu dan menjelajah kealamian perkebunan.

Tidak hanya itu, suasana pertanian dan keunikan rumah hobbit menjadi tempat berfoto yang menarik.

17. Pulo Cinta Gorontalo

pulo cinta gorontalo
Image Credit: beritagar.id

Liburan yang menyenangkan sambil menikmati pemandangan laut merupakan cara terbaik untuk menikmati liburan. Di Pulo Cinta pengunjung bisa berenang dan melihat ikan di lautan yang jernih.

Keunikan nama dari pulau ini berasal dari cerita cinta pangeran Gorontalo dengan putri saudagar dari Belanda. Pertemuan rahasia tersebut, terjadi di pulau dengan bentuk hati ini.

Wisatawan yang ingin menghabiskan waktu lebih lama di tempat liburan unik ini untuk bisa menginap di resort. Saat sore hari wisatawan bisa berjalan di jembatan sambil menyaksikan pemandangan laut yang alami dan tenang.

Pulo Cinta ini sangat tepat dijadikan sebagai tempat wisata keluarga atau pasangan yang ingin menikmati bulan madunya.


Demikian tempat liburan unik dan indah di Indonesia. Tapi ini baru Part 1 ya. Tunggu artikel Part 2 untuk rekomendasi lainnya.

TAGS
#tempat liburan #tempat liburan di indonesia #tempat liburan indah #tempat liburan unik