Artikel

13 Cara Unik Mengisi Waktu Luang

Mengisi Waktu Luang Saat Liburan Bisa Menjadi Lebih Produktif

Ketika memasuki akhir pekan atau hari libur, biasanya momen ini yang paling ditunggu oleh banyak orang. Biasanya, mereka ingin menghabiskan waktu dengan memanjakan diri, beristirahat, atau menghabiskan waktu untuk bersama dengan keluarga.

Sebagian orang justru menilai mengisi waktu luang saat liburan membuat kita menjadi boros. Padahal, memanfaatkan liburan dapat dilakukan untuk hal produktif.

Anda bisa mulai mengubah pola pikir. Akhir pekan bukan menjadi waktu yang harus dihabiskan untuk berbelanja. Akhir pekan bisa menjadi waktu beristirahat sejenak. Atau Anda dapat melakukan hal baru untuk mengisi waktu luang.

Cara Mudah Mengisi Waktu Luang

Berikut beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengisi waktu luang, antara lain:

1. Eksperimen resep baru

eksperimen resep masakan baru di waktu luang

Apakah Anda memiliki hobi memasak? Biasanya, hobi memasak ini hanya bisa kita keluarkan ketika hari libur tiba. Selain membutuhkan waktu yang panjang untuk mencari bahan, waktu yang panjang untuk memasak juga menjadi halangan.

Bila dibandingkan dengan hanya bersantai menghabiskan waktu liburan, tak ada salahnya Anda melakukan eksperimen resep baru. Pilih resep yang menurut Anda menarik, dan kreasikan sesuai dengan keinginan.

2. Bermain Ice Skating

bermain ice skating di waktu luang

Sesekali, tak ada salahnya menikmati hari libur sendirian. Menghabiskan hari libur sendirian dapat memberi Anda kesempatan pada diri sendiri untuk santai atau melakukan berbagai macam hal yang ingin dilakukan sendirian. Anda dapat mencoba bermain ice skating.

Di Jakarta, suasana musim dingin ini bisa Anda temukan di sejumlah mall terkemuka. Anda dapat mendatangi mall yang memiliki dekorasi musim dingin dan area skating mini, atau di ice skating permanen seperti Oasis Center Arena.

Area ice skating ini berada di AEON Mall Garden City Cakung. Olympic ice rink ini merupakan yang paling besar di Indonesia dengan luas 1.800 meter persegi. Tak hanya bermain ice skating sendirian, Anda juga dapat bermain hockey.

Tempat lainnya adalah Sky Rink. Berlokasi di Mall Taman Anggrek, Sky Rink ini biasanya ramai pengunjung ketika musim liburan tiba.

3. Menghabiskan Waktu Bersama Hewan Peliharaan

menghabiskan waktu bersama hewan peliharaan saat waktu luang

Untuk si pecinta binatang, waktu libur bisa dijadikan sebagai momen bersama dengan hewan peliharaan. Anda dapat membawa hewan peliharaan ke dokter.

Tak hanya mencegah penyakit, cara ini juga dapat dilakukan untuk membersihkan hewan dari berbagai macam penyakit.

Tak butuh waktu lama untuk memeriksakan hewan. Setelah selesai memeriksakan hewan, Anda bisa memanjakan mereka seperti berjalan-jalan bersama atau memberikan mainan baru atau membawa mereka ke tempat spa.

Sepertinya tak berlebihan jika sesekali memanjakan mereka, apalagi mereka sudah setia menemani hari-hari Anda.

4. Karaoke

karaoke di waktu luang

Kesibukan yang terjadi dari hari Senin hingga Jumat sering membuat kita lupa melakukan memanjakan diri sendiri. Ketika hari libur tiba, tidak ada salahnya Anda sedikit memberikan hiburan pada diri sendiri.

Salah satunya dengan karaoke. Berkumpul bersama dengan keluarga dan orang-orang tercinta adalah momen membahagiakan. Jika hanya sekedar makan di luar, mungkin terkesan biasa-biasa saja, namun bila berkaraoke ria, pasti akan semakin menyenangkan.

Selain menyenangkan, jangan salah karena menyanyi akan memberikan manfaat yang sangat baik bagi tubuh, karena ketika bernyanyi, oksigen masuk ke otak sehingga melancarkan peredaran darah.

Bukan hanya itu, bernyanyi akan semakin meningkatkan rasa bahagia, sehingga suasana hati Anda menjadi semakin bahagia. Tak percaya? Buktikan saja sendiri.

5. Membersihkan virus di komputer dan laptop

membersihkan virus komputer dan laptop di waktu luang

Selama 5 hari dalam seminggu, kita terus menerus menggunakan gadget seperti komputer dan laptop tanpa henti. Terkadang, kita juga mencolokkan sembarangan flashdisk ke dalam sana, sehingga bisa ditebak, berbagai macam virus seperti menyerang.

Di hari Senin hingga Jumat, bisa jadi kita tidak sempat membersihkan komputer dan laptop dari berbagai virus, tentu saja alasannya karena padatnya penggunaan.

Jika malam hari tiba, ingin melakukan scan seperti malas karena sudah letih dengan pekerjaan yang diselesaikan selama seharian. Waktu yang paling tepat untuk merawat gadget kesayangan adalah hari libur.

Anda bisa membersihkan laptop dan komputer dari berbagai virus serta file yang tidak dibutuhkan, sehingga saat hari Senin, kondisi laptop akan tetap prima saat digunakan untuk menyelesaikan pekerjaan.

Di awal-awal melakukan kebiasaan ini, mungkin Anda akan merasa bosan tidak tidak perlu, namun ketika mengingat seperti apa repotnya menyelesaikan pekerjaan dengan laptop yang lemot, Anda seperti tersadar betapa pentingnya kebiasaan ini.

6. Mengatur kotak masuk email

mengatur inbox email di waktu luang

Mungkin cara mengisi waktu luang ini terdengar kurang menyenangkan. Namun, jangan salah mengorganisir email akan mengurangi stres. Bagi Anda yang hanya memiliki 1 email dan mencampurkan email pekerjaan dengan media sosial, mungkin dalam seminggu, akan ada begitu banyak email yang masuk.

Lebih-lebih Anda juga berlangganan berbagai macam website. Kadang, email-email promosi ini begitu mengganggu, dan tak jarang email pekerjaan tertutup dengan email promosi.

Ketika mengatur kotak masuk email, hapus email-email yang tidak Anda butuhkan, selain itu jangan lupa memberikan tanda bintang untuk email-email yang penting dan memiliki deadline.

Jangan sampai, pekerjaan Anda menjadi berantakan hanya karena email kotak masuk yang acak-acakan. Agar hal ini tidak terjadi, Anda dapat mengatur kotak masuk email ketika hari libur tiba.

Kotak masuk email Anda akan lebih rapi, sehingga waktu bekerja di hari Senin menjadi semakin produktif dan tidak banyak dihabiskan untuk mencari email pekerjaan.

7. Meliburkan gadget

meliburkan gadget di waktu luang

Jangan salah, bukan hanya Anda yang memerlukan hari libur, gadget yang Anda miliki juga butuh hari libur. Anda dapat membiasakan diri lepas dari gadget pada hari Minggu.

Ini pasti menyenangkan serta membuat hari-hari menjadi lebih berbeda. Mungkin untuk satu atau dua kali pertama, Anda akan kesulitan tidak bermain gawai, namun jika sudah berkali-kali, hal ini pasti akan terasa ringan dan menyenangkan.

Jangan salah, dengan tak menyentuh gawai seharian, Anda akan menikmati waktu dengan santai dan seperti lepas dari seluruh masalah.

5 hingga 6 hari dalam seminggu sudah Anda habiskan untuk gadget Anda, hanya sehari tanpa gadget, apakah Anda tidak bisa?

8. Mencatat keuangan mingguan

mencatat keuangan mingguan di waktu luang

Apakah Anda memiliki laporan keuangan khusus? Banyak dari millenial saat ini kurang peduli dengan keadaan keuangan yang mereka miliki sebenarnya, sehingga mereka bisa dengan mudah menghamburkan uang hanya untuk berbelanja atau membeli hal-hal yang tidak dibutuhkan.

Agar Anda melek keuangan mulai dari sekarang, tak ada salahnya membuat laporan keuangan untuk diri sendiri. Hari Senin hingga Jumat, Anda sudah sibuk dengan urusan kantor, saat akhir pekan tiba, Anda dapat membuat laporan keuangan sederhana.

Di akhir bulan, lakukan evaluasi pada laporan keuangan yang Anda miliki. Buang hal-hal yang tidak dibutuhkan seperti terlalu banyak belanja untuk kebutuhan fashion atau terlalu banyak menghabiskan uang untuk makan di luar.

Jika tidak dimulai dari sekarang, kapan lagi Anda akan memulai kebiasaan baik ini?

9. Bersepeda di taman

bersepeda di taman di waktu luang

Cara mengisi waktu luang yang berikutnya adalah bersepeda di taman. Anda dapat bersepeda di pagi hari atau di sore hari ketika matahari sudah redup.

Biasanya, ketika akhir pekan, taman begitu ramai sehingga akan terasa menyenangkan. Bila Anda sudah memiliki buah hati, ajak buah hati Anda untuk ikut bersepeda, Anda dapat berboncengan bersama dengan pasangan.

10. Membuat daftar tujuan hidup

membuat daftar tujuan hidup di waktu luang

Apakah Anda memiliki daftar tujuan hidup? Memikirkan serta merencanakan kembali tujuan dalam jangka pendek dan panjang akan membantu Anda agar semakin termotivasi dalam menjalani hidup.

Anda bisa menggunakan hari libur untuk melakukan kebiasaan baik ini.
Karena Anda akan merancang tujuan hidup seminggu sekali, Anda bisa membedakan tujuan jangka pendek dan panjang.

Untuk tujuan jangka pendek bisa seperti menetapkan deadline pekerjaan, menetapkan hal-hal positif yang akan dilakukan seperti kegiatan sosial dan yang lainnya.

Bagaimana dengan tujuan jangka panjang? Untuk tujuan jangka panjang, Anda bisa mengisinya dengan rencana yang lebih besar seperti rencana keuangan, rencana pernikahan hingga memiliki momongan.

Usahakan menetapkan tujuan dengan realistis, sehingga Anda tidak merasa terbebani ketika melakukan usaha tersebut. Jika rencana minggu lalu belum tercapai, tulis kembali rencana tersebut di minggu ini, dan tetapkan deadline.

11. Mempelajari keterampilan baru

mempelajari keahlian baru di waktu luang

Di zaman yang serba cepat ini, kita tidak bisa berdiam diri dan hanya mengandalkan kemampuan yang kita miliki saat ini. Kita harus selalu mengupgrade hal-hal atau keterampilan baru.

Anda dapat mempelajari hal baru ini dari kursus online, saat ini banyak kursus online dengan biaya yang terjangkau.

Selain dari kursus online, Anda dapat belajar hal baru dari Youtube. Youtube menyajikan begitu banyak informasi dan konten edukasi, bahkan di Youtube juga banyak kursus gratis yang dapat diikuti.

Sebenarnya, apa manfaat melakukan upgrade keterampilan? Dengan melakukan upgrade keterampilan, Anda dapat menambahkan keterampilan ini di CV, atau bahkan bisa memperoleh pekerjaan yang lebih baik dari sekarang dengan menggunakan keterampilan baru Anda.

12. Menservice kendaraan

service kendaraan di waktu luang

Di hari kerja, service kendaraan seperti tidak bisa dilakukan, karena saat istirahat kerja pun, waktu yang dimiliki sangat mepet, dan di jam pulang kantor, waktu yang dimiliki habis di jalan.

Waktu yang paling tepat untuk menservice kendaraan adalah hari libur.

Meskipun di hari libur bengkel lebih ramai dibandingkan dengan hari biasa, namun tidak ada salahnya untuk meluangkan sedikit waktu dibandingkan dengan melihat kendaraan mengalami kerusakan karena jarang di rawat.

13. Berkebun

berkebun di waktu luang

Cara mengisi waktu luang yang menyenangkan berikutnya ialah berkebun. Tidak pernah merawat tanaman di rumah sendirian? Tahukah Anda, mengurus tanaman seharian, bisa membuat hati menjadi lebih senang dan tenteram.

Ketika mengurus tanaman, Anda jauh dari gadget, pandangan yang dituju hanyalah daun dan pohon berwarna hijau. Tentu saja akan sangat menyejukkan.

Tanam tanaman yang Anda sukai seperti bunga. Selain bunga, Anda dapat menanam tanaman yang menghasilkan seperti cabai hingga buah-buahan cangkok. Pilih hal-hal yang benar-benar Anda sukai, sehingga saat harus kembali ke rutinitas pekerjaan, Anda sudah lebih baik dan lebih siap.


Ada berbagai macam hal yang bisa dilakukan saat hari libur, namun harus diakui jika hanya beberapa hari Minggu saja yang dihabiskan secara produktif.

Ingat, mengisi waktu luang bisa menjadi sangat menyenangkan, tergantung dari diri kita saja yang ingin mengisinya seperti apa.

TAGS
#cara mengisi waktu luang #kegiatan di waktu luang #mengisi waktu luang #waktu luang