Artikel

21 Aplikasi Mobile yang Kamu Butuhkan Saat Ini

Apa Fungsi Aplikasi Mobile?

Tahukah kamu bahwa aplikasi mobile (mobile app) memiliki fungsi yang berbeda? Aplikasi ini tidak hanya dapat digunakan untuk berkomunikasi melalui media sosial, melainkan juga untuk berbelanja, menggali informasi, bermain gim, hingga mempromosikan bisnis.

Sebagai contoh, aplikasi seperti Detik, Kompas, dan Tempo berfungsi sebagai media informasi mengenai berita yang terjadi di dalam negeri maupun luar negeri.

Sementara aplikasi seperti Instagram, Twitter, dan Facebook digunakan sebagai media sosialisasi. Namun, dalam perkembangannya media sosial pun menjadi alat ampuh untuk memperkenalkan suatu produk.

Secara tidak langsung, kehadiran mobile aplikasi membuat kehidupan manusia lebih mudah, praktis, dan berwarna. Hanya dengan menginstal mobile app, kamu bisa bertemu dengan teman baru di dunia maya, memesan produk tanpa harus keluar rumah, menonton film, mendengarkan musik, bermain gim, hingga mendapatkan penghasilan tanpa batas setiap bulan.

Daftar Aplikasi Terpopuler yang (Mungkin) Wajib Kamu Install

Pesatnya teknologi dan gaya hidup manusia yang menyukai kepraktisan membuat banyak orang menciptakan beragam jenis aplikasi. Bahkan, tak sedikit aplikasi populer yang merupakan hasil karya anak bangsa.

Meskipun sebagian besar aplikasi yang tersedia merupakan aplikasi gratis, fitur yang diselipkan tak kalah dengan aplikasi berbayar.

Dari banyaknya aplikasi mobile yang ada, terdapat sejumlah aplikasi populer yang sebaiknya kamu instal. Adapun aplikasi tersebut, antara lain sebagai berikut.

1. Google Assistant

aplikasi google assistant


Google Assistant merupakan asisten pribadi yang diciptakan khusus oleh Google. Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk berkomunikasi, melakukan navigasi, mengajukan pertanyaan, dan melakukan banyak hal lainnya.

Asyiknya, pengguna dapat memanfaatkan Google Assistant di seluruh perangkat Android dan iOS. Dengan lebih dari 30 perintah suara, aplikasi ini siap membantu Anda menyelesaikan banyak hal.

2. Evernote

aplikasi evernote

Evernote merupakan aplikasi yang dapat digunakan untuk mencatat hal penting dalam berbagai format, seperti teks, gambar, suara, dan video.

Evernote sangat berguna, terutama bagi kamu yang memiliki jadwal padat. Dengan alur kerja yang baik dan sinkron dengan seluruh perangkat, Evernote akan membuat hidupmu lebih mudah.

Di mana saja dan kapan saja, kamu bisa mencatat, membuat jadwal rutinitas harian, dan lainnya.

3. EZ File Explorer

aplikasi ez file explorer

Terkadang, banyaknya aplikasi dan file membuat ponsel tampak kurang rapi. Namun, dengan menginstal EZ File Explorer, seluruh masalah tersebut dapat teratasi dengan baik.

EZ File Explorer merupakan aplikasi mobile yang tugasnya mengelola file. Selain itu, aplikasi ini pun dapat digunakan untuk berbagi file dengan pengguna EZ File Explorer lainnya dengan cepat, praktis, dan mudah.

4. Xender

aplikasi xender

Xender merupakan sebuah aplikasi yang memungkinkan kamu bertukar file tanpa menggunakan kabel data USB. Kamu bisa membagikan semua jenis file dengan mudah ke berbagai platform.

Dengan kecepatan transfer yang cepat, kamu mengirim atau menerima file lebih cepat dari Bluetooth.

Aplikasi ini juga dapat terhubung ke perangkat lain, seperti CP ataupun laptop. Asyiknya lagi, aplikasi ponsel ini dapat kamu unduh secara gratis.

5. MX Player

aplikasi mx player

MX Player merupakan salah satu aplikasi Android yang dapat mendukung sebagian besar format audio dan video. MX Player dilengkapi dengan banyak fitur terbaik, seperti kontrol volume dan pengeditan waktu subtitle.

Aplikasi ini sangat mudah digunakan. Meskipun aplikasi ini gratis, tersedia aplikasi pro dengan fitur tambahan menarik.

6. Feedly

aplikasi feedly

Bagi kamu yang suka melakukan mengatur seluruh informasi dalam satu tempat, sangat direkomendasikan untuk mengunduh dan menginstal Freedly.

Aplikasi mobile ini memudahkan kamu untuk membaca RSS blog terpopuler di seluruh dunia. Dengan aplikasi ini kamu tak perlu mencari satu per satu blog favorit. Kamu juga bisa mendapatkan pemberitahuan terbaru secara otomatis.

Tak hanya itu saja, kamu juga bisa menambah halaman dan menyimpan halaman dari blog atau saluran YouTube secara langsung.

7. LastPass

aplikasi lastpass

Terkadang, pengguna ponsel sering kali merasa kurang nyaman ketika meninggalkan ponsel. Bahkan ketika ke kamar mandi dalam waktu singkat. Hal ini tak lepas dari banyaknya aplikasi penting di dalam ponsel yang tak boleh sembarang orang lihat.

Untuk memproteksi semua data tersebut, gunakan mobile aplikasi LastPass. Aplikasi ini bertugas untuk mengelola kata sandi. Dilengkapi dengan fitur yang cukup lengkap, LastPass secara otomatis akan menyimpan catatan login, baik di browser maupun aplikasi berbasis pesan.

Dengan aplikasi ini, kamu dapat dengan mudah melakukan sinkronisasi nama pengguna dan seluruh informasi terkait di dalamnya. Selain itu, aplikasi yang dilengkapi dengan fitur sidik jari ini juga memiliki aplikasi dompet digital dan fitur kata sandi acak.

8. Shazam

aplikasi shazam

Bagi kamu yang gemar mendengarkan musik, Shazam merupakan salah satu aplikasi yang wajib kamu instal. Shazam tercatat sebagai salah satu aplikasi musik yang paling populer dan disukai pengguna ponsel.

Aplikasi ini memiliki layar muka yang sederhana, tapi menarik dan sangat user friendly. Aplikasi ini memungkinkan kamu untuk menyimpan atau menambahkan lagu ke daftar putar Spotify.

Tak hanya itu saja, kamu juga dapat melihat lirik musik dan video YouTube dengan lancar serta mendapatkan informasi terbaru terkait album atau video dari artis favorit.

Bahkan, kamu dapat membeli tiket konser melalui aplikasi ini. Sangat hebat, bukan?

9. Tiny Scanner

aplikasi tiny scanner

Tiny Scanner merupakan aplikasi mobile yang dapat digunakan untuk memindai dokumen dan menyimpannya dalam format PDF. Aplikasi ini memudahkan kamu untuk mengurutkan file berdasarkan jenis dokumen.

Kamu juga dapat memberi nama pada dokumen, mengatur file yang dipindai, dan membagikannya melalui email. Untuk memproteksi data, kamu bisa membuat salinan file dan menyimpannya di Google Drive, DropBox, dan aplikasi sejenis lainnya.

Singkatnya, aplikasi ini dapat mengubah ponselmu menjadi pemindai portable.

10. Google Duo

aplikasi google duo

Google Duo merupakan aplikasi panggilan video terbaik yang hadir dengan antarmuka eye catching. Selain enak dilihat, aplikasi ini sangat user friendly.

Google Duo menawarkan fitur layaknya Apple’s Facetime dan menawarkan fitur Knock-Knock yang memungkinkan kamu mengetahui siapa yang tengah menelepon.

Sebelum menggunakan aplikasi ini, kamu akan diminta melakukan verifikasi kontak. Selanjutnya, kamu bebas melakukan panggilan video dengan teman-teman, keluarga, dan juga kerabat kamu.

11. Weather Underground

aplikasi weather underground

Pernahkah kamu hendak melakukan aktivitas luar ruangan, tetapi batal karena tiba-tiba hujan deras? Atau terjebak hujan ketika berada di luar ruangan? Agar kejadian tersebut tidak terulang, pastikan untuk menginstal aplikasi Weather Underground.

Dengan aplikasi ini, kamu bisa mengetahui prediksi cuaca secara akurat. Aplikasi ini sangat membantumu ketika hendak bepergian, baik dalam negeri maupun luar negeri. Dalam prosesnya, Weather Underground memanfaatkan lebih dari 180.000 stasiun cuaca pribadi.

Aplikasi ini dilengkapi dengan pembaruan instan yang memungkinkan kamu mendapatkan informasi pembaruan cuaca lokal secara lengkap, mulai dari suhu, kecepatan angin, hingga kelembapan.

12. Snapseed

aplikasi snapseed

Snapseed merupakan aplikasi pengeditan gambar milik Google. Aplikasi ini sangat cocok bagi kamu yang menyukai edit foto. Aplikasi ini dapat memperbaiki foto kamu sehingga hasilnya lebih baik.

Snapseed menawarkan lebih dari 29 filter yang bisa kamu tambah untuk mempercantik tampilan foto. Meskipun, pencahayaan dan warna diatur secara otomatis, kamu bisa menyesuaikan melalui opsi kontrol.

13. RunKeeper

aplikasi runkeeper

Kamu mau tetap bugar sepanjang hari? Unduh dan instal aplikasi RunKeeper. Mobile aplikasi ini dilengkapi dengan fitur unik yang dapat digunakan untuk memantau kesehatan dan kebugaran.

Dengan aplikasi ini, kamu bisa merencanakan perjalanan melalui pelacakan GPS. Secara otomatis, aplikasi ini akan melacak jarak yang telah kamu tempuh, termasuk berapa banyak kalori yang terbakar.

Fitur lainnya yang dapat kamu gunakan, meliputi menetapkan tujuan pribadi ke dalam kalender, pelacakan berbagai jenis kegiatan, dan mengintegrasikan tugas.

14. Simple Habit

aplikasi simple habit

Simple Habit merupakan salah satu aplikasi mobile yang pernah memenangkan Google Play Award Standout kategori Aplikasi Seluler Terbaik di 2017 dan 2018.

Simple Habit adalah aplikasi meditasi yang sangat direkomendasikan, terutama bagi kamu yang tidak memiliki waktu untuk bermeditasi atau berolahraga.

Simple Habit akan membantu kamu mengurangi stres, meningkatkan fokus, dan membuat istirahat malam menjadi lebih baik. Melalui aplikasi ini, kamu bisa menjelajahi lima puluh sesi gratis dan lebih dari seribu meditasi mengenai cara menenangkan diri sebelum rapat, mengatasi insomnia, mengurangi kecemasan, dan sebagainya.

Simple Habit dirancang untuk membantu kamu bersantai dan meningkatkan fokus agar tidur lebih nyenyak. Asyiknya, kamu bisa menyesuaikan waktu sesi, mulai dari satu hingga tiga puluh menit sesuai kebutuhan.

Simple Habit juga tersedia dalam mode offline yang memungkinkan kamu untuk mengunduh latihan meditasi dan memutarnya kapan pun.

15. Khan Academy

aplikasi khan academy

Khan Academy merupakan aplikasi pendidikan yang dirancang untuk membantu pengguna di seluruh dunia meningkatkan pengetahuan, utamanya para pelajar. Aplikasi mobile ini memiliki lebih dari sepuluh ribu video materi pelajaran Matematika, Ekonomi, Sains, Sosial, dan lainnya.

Dengan lebih dari empat puluh ribu soal latihan interaktif yang dilengkapi dengan umpan balik dan petunjuk, kamu bisa mendapatkan banyak pengetahuan. Hal ini pun akan membantumu untuk memecahkan jawaban dari setiap soal dan meraih nilai tinggi dalam ujian kompetitif.

Asyiknya lagi, melalui aplikasi ini kamu bisa menemukan topik khusus tanpa kesulitan. Hal ini tak lepas dari navigasi dan pencarian yang user friendly.

Jika kamu memiliki konten atau video favorit, maka kamu hanya perlu menyimpannya di “daftar kamu”. Dengan cara ini, kamu bisa mengaksesnya kapan pun dan dari mana pun. Bahkan tanpa koneksi internet.

16. Be My Eyes

aplikasi be my eyes

Be My Eyes merupakan aplikasi yang dirancang untuk pengguna yang memiliki masalah dengan penglihatan, baik karena minus, faktor umur, atau cacat bawaan. Aplikasi ini membiarkan orang lain untuk “meminjamkan mata” melalui koneksi langsung.

Dengan cara ini, orang-orang yang memiliki masalah penglihatan dapat terbantu dengan pekerjaan sehari-hari. Mulai dari memeriksa tanggal kedaluwarsa, warna pakaian yang digunakan, dan lainnya.

Dengan menginstal aplikasi ini, kamu bisa membantu orang lain dengan memanfaatkan obrolan langsung.

Mengusung konsep yang menarik, Be My Eyes merupakan aplikasi sempurna yang menggambarkan bahwa kecanggihan teknologi dapat dikembangkan untuk membantu orang lain peduli terhadap sesamanya.

17. Duolingo

aplikasi duolingo

Bagi kamu yang tertarik untuk mempelajari bahasa baru, kamu wajib mengunduh dan menginstal aplikasi Duolingo. Aplikasi ini dapat digunakan oleh semua kategori umur.

Dengan antarmuka yang menyenangkan untuk dilihat, kamu akan lebih semangat belajar. Aplikasi yang user friendly sangat mudah digunakan. Bahkan, untuk pemula sekalipun.

Duolingo dilengkapi dengan kuis interaktif yang menyenangkan. Tersedia beragam jenis kursus gratis untuk bahasa Spanyol Spanyol, Inggris, Mandarin, Korea, Portugis Italia, Perancis, dan lainnya.

Dengan penuturan yang baik, kamu tidak akan kesulitan mendengarkan setiap kata dan memahami bahasa asing. Aplikasi ini juga dilengkapi dengan fitur daftar teman yang memungkinkan kamu melihat aktivitas mereka.

Dengan adanya fitur tersebut, kamu bisa bersaing secara sehat untuk mendapatkan nilai tertinggi. Aplikasi ini juga dilengkapi dengan fitur pengingat belajar yang dapat kamu sesuaikan. Kamu juga bisa mengatur durasi pelajaran setiap hari.

18. Goodreads

aplikasi goodreads

Goodreads merupakan aplikasi yang wajib diinstal oleh pencinta buku. Dengan aplikasi ini, kamu tidak hanya bisa menemukan ulasan buku favorit, melainkan juga berdiskusi dengan pengguna lain.

Kamu juga bisa mencari judul buku, menyusun daftar bacaan terfavorit, hingga menulis ulasan mengenai buku yang tengah kamu baca atau selesai dibaca.

Dengan cara ini, kamu bisa mendapatkan informasi lengkap mengenai buku, pengarang buku, sekaligus berbagi informasi dengan orang lain.

19. Gojek

aplikasi gojek

Gojek merupakan aplikasi mobile kekinian yang sangat wajib kamu instal. Aplikasi ini dirancang untuk memudahkan kamu berkendara ke mana pun dengan tarif terjangkau.

Tersedia dua pilihan kendaraan, yakni motor dan mobil. Bahkan, kini kamu dapat menyewa mobil dalam hitungan jam dengan biaya yang bersahabat.

Selain mengantarkan kamu ke tempat tujuan, Gojek dilengkapi dengan fitur pengiriman. Sangat cocok bagi kamu yang memiliki toko online ataupun offline.

Dengan fitur ini, barang pesanan dapat diantar dalam hitungan jam. Bahkan jika tempat tujuan sangat dekat, pengiriman hanya membutuhkan waktu beberapa menit saja.

Gojek pun dilengkapi dengan fitur andalan lainnya, yakni GoFood. Sesuai namanya, fitur ini memungkinkan kamu memesan makanan tanpa perlu datang langsung. Sangat cocok bagi kamu yang sibuk, malas keluar rumah, atau malas mengantre.

Untuk meningkatkan kualitas aplikasi, Gojek menyediakan beragam fitur yang akan memudahkan kamu memesan tiket film bioskop, membeli pulsa, hingga listrik PLN.

20. Grab

aplikasi grab

Aplikasi Grab tak berbeda jauh dengan Gojek. Dengan tampilan yang sederhana, kamu akan lebih mudah mengetahui tarif berkendara, identitas pengendara, hingga lokasi pengendara.

Grab juga menyediakan fitur menarik, seperti pengiriman barang, pengisian token listrik PLN, pulsa ponsel, booking hotel, hingga langganan streaming online.

Demi meningkatkan kualitas pelayanan, Grab tak segan menghadirkan fitur terbaru, yakni paket hemat yang terdiri dari voucher perjalanan, voucher pengiriman, dan voucher GrabFood.

Dengan paket berlangganan, berkendara, mengirim barang, dan memesan makanan menjadi lebih murah. Sangat hemat. Kamu hanya perlu memilih paket yang tersedia dan membayarnya melalui saldo OVO. Sangat praktis, bukan?

21. WhatsApp

aplikasi whatsapp

Yang terakhir adalah aplikasi whatsapp. Aplikasi ini adalah aplikasi chat yang mungkin hampir kebanyakan orang memakainya saat ini. Selain mudah digunakan, whatsapp memungkinkan kita berinteraksi dengan berbagai fitur yang disediakan.

Mulai dari membuat grup chat, melakukan panggilan suara maupun video call, membuat chat broadcast, mengirim pesan dalam bentuk gambar dan suara, serta anda pun bisa chat menggunakan whatsapp web bila anda sedang menggunakan laptop atau komputer.

Selain aplikasi whatsapp yang umum atau personal, whatsapp juga menyediakan aplikasi khusus bisnis bernama WhatsApp Business. Dimana aplikasi ini khusus untuk Anda yang memiliki usaha dan membutuhkan nomor khusus untuk chat kepada pelanggan-pelanggan anda.

Dan whatsapp business juga memiliki fitur-fitur yang dapat membantu branding usaha anda agar lebih terlihat kredibel.


Demikianlah sejumlah aplikasi mobile yang dapat kamu jadikan sebagai rujukan. Satu hal yang paling penting, install aplikasi sesuai dengan kebutuhan, bukan hanya mengikuti tren yang ada.

Dengan begitu, aplikasi tersebut dapat membuat hidupmu lebih mudah dan lebih menyenangkan. Jangan lupa bagikan, ya!

TAGS
#aplikasi #aplikasi mobile #aplikasi yang perlu diinstall #aplikasi yang wajib diinstall