Artikel

20 Cara Jitu Menghilangkan Rasa Bosan

Lakukan 20 Hal Ini untuk Menghilangkan Rasa Bosan

Pernahkah Anda merasa bingung hendak melakukan sesuatu? Atau merasa hampa terhadap rutinitas sehari-hari? Bisa jadi hal tersebut karena rasa jenuh yang sedang menumpuk, mengakibatkan aliran darah dalam otak tidak mampu bekerja secara maksimal.

Akibatnya kekosonganlah yang terasa setiap kali beraktivitas.

Bosan atau jenuh sendiri berarti suatu kondisi ketika pikiran menginginkan sesuatu yang berbeda, perubahan dari kegiatan yang terus berulang setiap waktu.

Menurut Fisher yang mendefinisikan bosan secara psikologi ialah keadaan sewaktu perasaan terasa tidak menyenangkan dan umumnya hanya bersifat secara sementara.

Kebosanan dapat memberikan efek negatif dan positif. Buruknya, Anda bisa jadi mudah marah dan frustrasi ketika tengah dihinggapi kejenuhan. Baiknya, semangat untuk membuat perubahan atau menjadi lebih baik akan tumbuh seiring keinginan untuk menghilangkan rasa bosan tersebut.

Dari keinginan tersebutlah, akan tercipta karya baru yang bisa lebih baik dari apa yang pernah Anda hasilkan.

Untuk itu, ketika jenuh mulai menandakan ciri kedatangannya, segera lakukan 20 cara jitu berikut untuk membunuhnya.

bersosialisasi disaat bosan

1. Bersosialisasilah dengan orang-orang di sekitar
Sifat dasar manusia adalah makhluk sosial, yang mana berinteraksi dengan orang lain dapat memberi kesenangan tersendiri. Bertemu dan berbincang dapat secara perlahan membunuh kebosanan yang tengah Anda rasakan.

Sosialisasi pun dapat mendatangkan teman baru. Maka, cobalah untuk mengenali lingkungan sekitar, mengakrabkan diri dengan tetangga ataupun saudara yang tinggal di lingkungan rumah.

Ketika jenuh mulai terasa, keluarlah dari berinteraksi dengan orang lain.

Meskipun hanya membicarakan hal-hal remeh yang tengah terjadi di sosial media ataupun gosip di kampung halaman, tetapi hal tersebut dapat menghilangkan rasa bosan.

2. Kerjakanlah sesuatu yang menyenangkan seperti hobi yang disukai
Bosan bisa saja datang kapan saja. Bahkan ketika Anda berada di tempat ramai sekalipun. Atau tengah berdiam diri di dalam kamar.

Terkadang saat bekerja, pun jenuh bisa melanda. Maka, untuk mengatasinya, Anda dapat mengalihkan perhatian otak yang tengah jemu untuk melakukan hal lain yang menjadi kesukaan.

Contoh saja, ketika bekerja, Anda dapat mengalihkan dengan membaca buku kesukaan. Atau ketika tengah berada di rumah, dapat menggantinya dengan beraktivitas di luar seperti bersepeda atau sekadar berjalan mengelilingi area kompleks tempat tinggal.

Selain sehat, kejenuhan pun akan lepas seiring perjalanan dari rumah menuju tempat tujuan. Begitu kembali, Anda pun akan siap memulai rutinitas lainnya.

Berjalan-jalan jika memang suka dengan dunia traveling pun dapat dilakukan selama sesuai hobi yang disukai.

3. Istirahat sejenak cukup untuk melepas jemu
Cara lain untuk membunuh kejenuhan yang terus menyerang ketika Anda melakukan aktivitas yang sama secara berulang ialah beristirahat sejenak.

Hentikan rutinitas yang sama tersebut dan biarkan diri merilekskan tubuh meski hanya beberapa menit.

Cara untuk mengistirahatkan tubuh dan pikiran dari rutinitas harian pun beragam. Anda dapat tidur sejenak untuk menyegarkan pikiran dan tubuh ketika bangun nantinya.

Atau melepaskan dengan berjalan-jalan di area sekitar, berpindah lokasi agar kejenuhan hilang secara perlahan.

berjalan-jalan ke tempat baru untuk menghilangkan rasa bosan

4. Jalan-jalan di tempat baru pun dapat menjadi pilihan
Berada di lingkungan yang sama secara terus menerus justru akan semakin menambah kejenuhan. Maka, cobalah keluar dari lingkungan tempat tinggal selama beberapa waktu.

Nikmati udara segar dengan berjalan-jalan. Tidak perlu terlalu jauh. Anda bahkan dapat berjalan ke taman kompleks untuk menghilangkan rasa bosan.

Jika ingin semakin menyegarkan otak, berlibur ke tempat yang lebih jauh pun dapat menjadi alternatif. Bertemu orang baru, datang ke tempat yang belum pernah dikunjungi tentu akan memberi kenangan dan kesenangan tersendiri.

Maka, ketika kembali badan sudah siap lagi untuk beraktivitas harian dan kejenuhan mulai dapat teratasi.

5. Cari suasana baru untuk melepas jenuh
Jenuh sering kali melanda Anda di tengah pekerjaan yang menuntut untuk diselesaikan. Tanggung jawab menuntut untuk segera menyelesaikan pekerjaan.

Akan tetapi kebosanan justru menghambat lantaran tidak dapat berkonsentrasi dengan setiap tugas yang hendak dikerjakan.

Untuk mengatasinya, Anda dapat menciptakan suasana baru yang berbeda dari sebelumnya. Bila berada di lingkungan kantor, maka cobalah untuk mengganti posisi duduk atau berjalan ke dapur sekadar membuat minuman.

Meskipun terdengar sepele, tetapi cara tersebut dapat melepas rasa jemu meskipun hanya sesaat.

Cara lainnya, Anda dapat berpindah ruang kerja ke tempat yang lebih sejuk jika memungkinkan.

Contoh saja, ke area taman atau gazebo jika kantor memilikinya atau ruang tertentu yang memang memberi suasana yang berbeda dengan ruang kerja selama ini.

6. Ubah alur kegiatan yang biasa dilakukan
Mengubah alur kegiatan atau metode yang biasa dikerjakan setiap harinya pun dapat menjadi pilihan selanjutnya dalam menghilangkan rasa bosan.

Contohnya, bila biasanya Anda hanya akan datang ke kantor kemudian duduk dan mulai menekuni pekerjaan di balik laptop, maka ubahlah untuk memulai aktivitas pagi dengan berinteraksi terlebih dahulu dengan rekan kerja.

Kemudian mulai memilah pekerjaan untuk diselesaikan dalam notes yang sudah dibuat. Selanjutnya baru mulai menyibukkan diri dengan laptop dan segala bahan kerja.

Ketika berada di rumah, maka cobalah untuk melakukan kegiatan yang belum pernah dikerjakan sebelumnya.

Bila umumnya memasak adalah kegiatan asisten rumah tangga atau orang tua, maka ketika jenuh melanda, Anda dapat melampiaskannya pada kegiatan mengolah makanan untuk disantap seluruh anggota keluarga.

Berkebun pun dapat menjadi salah satu bahan kegiatan baru yang bisa Anda lakukan.

7. Cobalah menonton film terbaru atau yang disukai
Menikmati tiap adegan yang tersaji di layar bioskop dapat memacu adrenalin dan semangat baru untuk kembali beraktivitas.

Di tengah kejemuan yang semakin menyiksa, Anda dapat menyempatkan diri untuk menonton film-film terbaru atau film kesayangan bersama rekan kerja, pasangan, atau bahkan sahabat.

Bertukar cerita mengenai film yang baru saja ditonton pun dapat mengalihkan diri dari kejenuhan yang baru saja menyerang.

Terlebih ketika tontonan yang baru saja dilihat bergenre action ataupun fantasi. Maka energi baru pun akan terasa selepas menonton.

mengamati orang-orang di tempat ramai

8. Datanglah ke tempat ramai dan amati orang-orang sekitar
Menjadi pengamat orang-orang yang sibuk berlalu lalang di sekitar dapat menjadi alternatif lain untuk Anda menghilangkan rasa bosan yang terus menyerang ketika lama melakukan aktivitas sejenis secara berulang.

Selain rasa jenuh mulai terobati, Anda pun dapat melihat berbagai macam tingkah dan perilaku orang lain.

Hal tersebut pun dapat menjadi salah satu bahan introspeksi diri atau inspirasi dalam menciptakan sebuah karya baru.

Bahkan, tidak jarang dengan mengamati setiap gerak-gerik orang, bisa mendatangkan ide baru untuk pekerjaan.

9. Membaca juga dapat memutus kebosanan
Bukan hanya menonton yang dapat memutus kebosanan, membaca pun mampu mengobati rasa bosan. Anda dapat memulainya dengan melahap setiap kata dari buku yang disukai atau karya penulis favorit.

Buku bacaan pun tidak harus satu genre yang biasa dinikmati, tetapi juga dapat berupa buku-buku lain yang dapat memberi semangat baru atau berhubungan dengan dunia kerja.

Sebelum memulai membaca, pastikan mencari buku yang dapat mendatangkan rasa penasaran dan keingintahuan tinggi dalam diri.

Dengan begitu, bosan pun akan hilang tergantikan dengan keinginan untuk segera menyelesaikan buku dan mengetahui setiap isi yang terkandung di dalamnya.

10. Mendengarkan musik secara acak juga
Banyak orang memilih menjadikan musik sebagai penghilang kejenuhan. Anda mungkin bisa mencontohnya. Mulai dari musik yang disukai hingga mendengarkannya secara acak.

Rasa penasaran akan makna di balik lagu yang terdengar dapat membangkitkan semangat baru untuk beraktivitas dan menanggalkan kejemuan yang terus menyerang.

Tidak hanya mendengarkan, ikut bernyanyi pun dapat Anda lakukan agar bosan benar-benar pergi dan kehampaan yang semula terasa hilang. Dengan begitu, aktivitas akan kembali terasa menyenangkan.

11. Peliharalah hewan
Sudah terbukti, jika memelihara hewan dapat membantu menghilangkan stres dan tekanan akibat sesuatu yang baru saja dialami seperti pekerjaan yang mulai terasa menjemukan atau masalah yang tengah melanda.

Ketika Anda memiliki hewan peliharaan di rumah, begitu pulang dari rutinitas harian, tingkah polos nan lucu hewan dapat melepas segala rasa jenuh dan penat tersebut.

Hewan pun dapat menjadi teman setia dalam berbincang. Sembari mengajak mereka bermain, segala unek-unek pun dapat Anda keluarkan.

Merawat mereka pun dapat membantu membunuh bosan secara perlahan-lahan. Contoh hewan yang dapat membantu melepas bosan ialah ikan, kucing, hamster, atau bahkan anjing.

12. Melakukan meditasi dapat menyegarkan pikiran dan memberi semangat baru
Meditasi tidak hanya ditujukan untuk orang-orang yang menyukai olahraga yoga atau ingin mencapai batin yang lebih tenang.

Meditasi pun dapat dijadikan sebagai media untuk menghilangkan bosan yang terus menyerang akibat rutinitas harian yang berpola sama hingga hafal di luar kepala semua kegiatan yang akan dilakukan setiap harinya.

Dalam bermeditasi, bukan hanya kejenuhan yang mulai terbunuh, akan tetapi pikiran dan badan pun dapat semakin segar. Semangat baru mulai bermunculan untuk kembali beraktivitas.

Rasa hampa dalam melakukan kegiatan perlahan mulai terkikis tergantikan dengan keinginan menghasilkan karya baru yang lebih baik atau menjalankan tanggung jawab kerja dengan baik.

berolahraga dapat menghilangkan rasa bosan

13. Olahraga dapat membantu melepas kebosanan
Melakukan aktivitas yang dapat menghasilkan keringat pun dapat menjadi cara selanjutnya untuk melepas jenuh.

Contohnya ialah berolahraga baik secara mandiri maupun bersama teman-teman di tempat fitnes atau bahkan lapangan terbuka.

Selain sehat, bosan pun dapat hilang dengan sendirinya. Tambahan bonus, Anda dapat bertemu orang-orang baru dan memulai interaksi dengan mereka.

14. Bergabung bersama komunitas untuk menemukan hal-hal baru
Bergabung bersama komunitas yang sesuai passion memang cara yang mudah dalam menghapus jenuh. Bukan hanya bertemu orang-orang baru yang sebidang, tetapi ilmu baru pun akan didapat dengan sharing.

Bahkan karya-karya baru dapat tercipta melalui komunitas yang Anda ikuti.

Kemampuan semakin berkembang, kejenuhan pun mulai terkikis. Tubuh mulai menemukan semangat baru. Jiwa produktif mulai tumbuh.

Pekerjaan pun dapat selesai sesuai tenggat waktu dan memberikan hasil secara maksimal.

15. Wisata kuliner dapat menjadi alternatif agar jenuh hilang
Jika hanya jalan-jalan untuk membunuh rasa bosan, mungkin kurang memuaskan. Maka, Anda dapat menyelinginya dengan wisata kuliner.

Mencicipi makanan yang beraneka ragam dapat membantu menghilangkan rasa bosan.

Bahkan, Anda pun dapat memanfaatkan kegiatan tersebut untuk menemukan ide-ide baru dalam mengolah bahan makanan, yang nantinya dapat disajikan untuk keluarga di rumah.

Dalam berwisata kuliner pun tidak harus di tempat yang wah dan mahal. Anda bahkan dapat melakukannya sekadar di angkringan atau warung kaki lima di trotoar jalan yang umumnya memasak dengan rasa yang lebih enak dari kafe, dengan harga yang jauh berbeda.

Kantong aman, bosan hilang, semangat kembali bermunculan. Hati pun senang.

16. Menata ruangan atau membersihkan rumah
Ketika Anda jenuh dengan rutinitas harian di rumah, maka menata ulang ruangan, mengganti perabot yang ada, mendekor ulang setiap sudut rumah.

Atau bahkan membersihkan debu-debu yang menempel, dan merapikan lagi beberapa barang yang dirasa kurang pas dapat menjadi obat untuk menghilangkan kejenuhan tersebut.

Anda dapat memanfaatkan internet untuk membantu menciptakan ide kreatif dalam menata dan mendekor ulang rumah. Kesenangan ketika mencari bahan-bahan dan mulai memasang di tempat-tempat yang sesuai, dapat membantu menghilangkan rasa bosan.

Keadaan rumah pun akan jauh lebih rapi dan bersih nantinya. Jenuh akan pergi begitu saja.

bermain gim ampuh menghilangkan rasa bosan

17. Bermain gim
Gadget tidak selamanya membawa dampak buruk bagi penggunanya. Terbukti jika perangkat elektronik tersebut dapat membantu penggunanya untuk mengusir kejemuan yang tengah menyerang.

Anda dapat memanfaatkan perangkat ponsel pintar untuk bermain gim yang berisi petualangan atau permainan yang memacu adrenalin.

Bertanding dengan orang lain dan memusatkan otak untuk mencari strategi yang tepat agar bisa menang, dapat mengubah rasa jenuh dengan aktivitas berulang menjadi semangat baru lagi.

Ketika berhasil melewati level yang diinginkan, Anda pun siap menghadapi rutinitas harian lagi.

18. Melakukan perawatan diri pun dapat merilekskan badan dan menghilangkan bosan
Terkhusus untuk kaum hawa, melakukan perawatan diri di salon, selain dapat merilekskan badan serta menyehatkan kulit, juga dapat membantu membunuh kejenuhan yang tengah menyerang.

Terlebih ketika perawatan dilakukan bersama orang terdekat, sudah pasti kesenangan akan semakin terasa. Semangat untuk melanjutkan aktivitas pun akan terasa begitu keluar dari ruang perawatan.

19. Berselancar di media sosial
Cara lain untuk memutus kejemuan ialah menyibukkan diri dengan berselancar di media sosial.

Beberapa hal menarik dapat Anda temui seperti tingkah lucu teman-teman ketika mengunggah sesuatu.

Berbagai meme baru yang menyinggung berita viral saat ini, video makanan yang terasa menggugah selera, permainan anak-anak yang memanfaatkan media pasir elastis atau bahkan slime pun dapat dengan mudah membangkitkan semangat yang semula hilang.

Kreativitas pun dapat bermunculan ketika menemukan tontonan menarik di media sosial.

20. Ajak teman untuk berkunjung ke rumah
Cara terakhir yang dapat menghilangkan kejenuhan adalah mengajak teman untuk berkunjung ke rumah.

Anda dapat mengajaknya bermain bersama atau sekadar mengobrol tidak jelas mengenai berita yang viral yang diselingi curahan hati pribadi. Berbagai obrolan absurd dapat membantu menghilangkan kebosanan yang dirasakan.

Atau bisa juga Anda memanfaatkan teman-teman yang berkunjung untuk merencanakan masa depan bersama, mendiskusikan suatu bisnis yang dapat dijalani bersama.


Itulah 20 cara jitu yang dapat Anda lakukan untuk menghilangkan rasa bosan.

Cobalah untuk mengombinasikan antara cara yang satu dengan lainnya agar jemu tidak lagi datang di tengah aktivitas harian yang menuntut untuk segera diselesaikan, terutama ketika berada di lingkungan kerja.

Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

TAGS
#cara menghilangkan kebosanan #rasa bosan #tips menghilangkan bosan