Artikel

20 Tempat Makan Murah & Enak di Jakarta

Kunjungi 20 Tempat Makan Murah & Enak di Jakarta Ini

Apa yang terlintas dalam benak Anda ketika mendengar kata Jakarta?

Macet dan mahal. Dua hal yang tidak akan pernah terlepas dari kota metropolitan yang menjadi incaran para pejuang nasi.

Bahkan ibu kota yang selalu digemborkan akan keruwetan jalan dan padatnya penduduk tersebut, masih saja menjadi tujuan orang-orang untuk mengadu nasib.

Meskipun biaya hidup cukup tinggi dengan harga makanan yang dikenal mahal untuk kalangan menengah ke bawah, namun siapa sangka jika ternyata bukan hanya mahal dan macet yang menjadi identitas Jakarta.

Tetapi juga banyaknya restoran atau rumah makan dengan harga yang masuk di kantong kalangan bawah bahkan untuk anak-anak mahasiswa sekalipun.

Ingin tahu apa saja tempat makan murah dan enak di Jakarta? Yuk, simak rekomendasi berikut.

1. Nasi Kapau Pasar Senen Sabana Bana

nasi kapau sabana bana jakarta
image credit: republika.co.id

Jika Anda tengah berjalan-jalan ke area Pasar Senen, maka jangan lewatkan untuk mampir ke warung Nasi Kapau yang terletak di Jalan Kramat Raya No 15.

Sajian khas Minang begitu terasa di rumah makan tersebut. Bahkan memiliki menu khas yang selalu menjadi incaran pengunjung, yaitu ayam bakar bumbu.

Rasa khas Padang akan terasa di lidah ketika Anda mencicipinya. Selain rasa, warung makan Nasi Kapau juga mematok harga yang tidak mahal untuk setiap porsinya.

Anda hanya perlu merogoh kocek sekitar Rp20.000,- per porsi. Sudah lezat, kantong nggak seret lagi begitu keluar.

2. Nasi Bebek Ginyo

nasi bebek ginyo jakarta
image credit: pergikuliner.com

Anda penikmat olahan bebek? Maka, jangan lupa mampir ke Nasi Bebek Ginyo ketika singgah di Jakarta untuk keperluan bisnis maupun pribadi.

Pasalnya, rumah makan yang terletak di kawasan Tebet ini menyajikan berbagai macam menu hasil olahan bebek. Mulai dari bebek kremes hingga bebek bumbu sambal hijau.

Bukan hanya cita rasanya yang nendang di lidah, Nasi Bebek Ginyo pun hanya mematok harga sekitar Rp20.000 – Rp30.000,- setiap menu yang tersaji.

3. Bandar Djakarta

bandar djakarta jakarta
image credit: onemanandhisbackpack.com

Bandar Djakarta merupakan rumah makan olahan makanan laut. Lokasinya yang berada tepat di tepi Jakarta, tepatnya di Pantai Ancol, membuat orang-orang banyak berdatangan untuk merasakan olahan khas seafood dengan bahan yang langsung diambil dari laut, yang mana terjamin kesegarannya.

Memiliki desain yang khas anak muda serta keadaan tempat yang berada persis di tepi pantai, semakin menambah ramai anak-anak muda untuk nongkrong di Bandar Jakarta.

Pemandangan malam tepi Pantai Ancol semakin menambah nilai plus untuk Bandar Jakarta.

Anda pun dapat memilih untuk menyantap olahan khas laut tersebut secara lesehan, duduk di ruangan atau secara outdoor yang berada di tepi pantai. Harga pun lebih terjangkau untuk kantong.

4. Jemahdi Seafood Jakarta

jemahdi seafood jakarta
image credit: pergikuliner.com

Bagi para pecinta olahan makanan laut, maka harus mengunjungi Jemahdi Seafood ketika berkunjung ke Jakarta.

Rumah makan yang memiliki lokasi di 3 tempat yaitu Pluit, Pantai Indah Kapuk, dan Pesanggrahan ini menawarkan sajian khas hewan laut yang diracik dari tangan koki profesional.

Jemahdi Seafood memiliki desain yang homey dan family friendly. Anda akan merasa seperti di rumah sendiri ketika memasuki Jemahdi Seafood lantaran pelayanannya yang begitu ramah dan menjaga setiap kenyamanan pelanggan di dalamnya.

Harga pun jangan terlalu dikhawatirkan, sebab masih terjangkau untuk semua kalangan.

5. Kerang Kiloan Pak Rudi

kerang kiloan pak rudi jakarta
image credit: arifsetiawan.com

Masakan kerang identik dengan harganya yang cenderung mahal dan biasanya tersaji di restoran besar.

Akan tetapi, ketika Anda mengunjungi warung makan milik Pak Rudi yang berada di Blok M, Jakarta Selatan, Anda dapat menikmati segala jenis olahan kerang hanya dengan harga Rp35.000,- per kilogram.

Dalam satu kilogram tersebut, kerang dapat disantap untuk 2 – 3 orang sekaligus. Sudah hemat, Anda pun dapat menikmatinya beramai-ramai bersama teman atau rekan kerja.

Selain itu, ada banyak pilihan menu yang bisa disesuaikan dengan selera, misal saus jamur, tomat, Padang, maupun nanas. Waktu bukanya pun lama, mulai dari pukul 16.30 hingga tengah malam.

Jadi, cepat-cepat kunjungi kedai milik Pak Rudi agar tidak kehabisan ya.

6. Nasi Ulam Ibu Yoyo

nasi ulam ibu yoyo jakarta
image credit: food.detik.com

Nasi ulam adalah nasi yang disajikan bersama serundeng dan kecambah yang ditaburkan di atasnya dengan berbagai macam lauk pauk memenuhi piring.

Nasi ulam Ibu Yoyo sudah terkenal di kalangan warga Jakarta dan pendatang, terutama bagi warga yang tinggal di sekitar Jalan Karet Pedurenan, Gang Dogol, Kuningan, Karet Kuningan, Jakarta Selatan.

Harganya yang sangat terjangkau, cukup Rp7.000,– hingga Rp20.000,-, Anda sudah dapat menyantap olahan nasi ulam khas Ibu Yoyo. Sangat cocok untuk mahasiswa yang ingin mencari tempat makan murah & enak di Jakarta dan backpacker yang ingin menghemat.

7. Kedai Mak Ubi

kedai mak ubi jakarta
image credit: franyfatmaningrum.wordpress.com

Kedai Mak Ubi terletak di daerah Pecenongan. Anda akan menikmati berbagai macam menu khas soto, sop, serta nasi goreng ketika memasukinya. Salah satu masakan khasnya ialah nasi goreng kari.

Berkonsep modern dengan sedikit sentuhan klasik di dalamnya, menjadikan Kedai Mak Ubi ramai dikunjungi para penikmat kuliner khas nusantara.

Terlebih harga yang ditawarkan pun relatif terjangkau, kisaran di bawah Rp30.000,- untuk setiap porsinya.

8. Sandwich Bakar

sandwich bakar jakarta
image credit: pergikuliner.com

Kafe Sandwich Bakar terletak di daerah Puri Indah. Menu yang disajikan merupakan olahan sandwich dengan berbagai rasa yang menggugah selera.

Anda dapat menikmati makanan favoritnya yaitu tuna sandwich, beef black pepper sandwich, serta smoked beef sandwich with egg and cheese.

Bukan hanya olahan roti yang ditumpuk dengan sayuran dan daging saja yang bisa Anda santap di kafe Sandwich Bakar, tetapi juga makanan berat lainnya, seperti nasi goreng, pasti, spaghetti.

Meskipun berkonsep kafe ala anak modern zaman sekarang, Anda pun masih bisa menikmati wedang ronde khas untuk teman menikmati olahan sandwich bakar.

9. OTW Street Food

otw street food jakarta
image credit: sendokransel.wordpress.com

Dari segi namanya saja, sudah mampu menarik minat Anda untuk mampir. Rumah makan murah & enak di Jakarta ini terletak di kawasan Kelapa Gading.

Menu yang ditawarkan pun relatif memiliki nama ‘OTW’ yang mengikuti seperti OTW Rice, Martabak OTW. Anda pun dapat menikmati berbagai macam olahan duren dan cendol sebagai minuman pendamping ketika menyantap hidangan di OTW Street Food.

Rumah makan yang berkonsep modern khas anak-anak zaman sekarang mematok harga tidak terlalu mahal untuk setiap porsi menunya. Anda hanya perlu membayar mulai dari Rp15.000,- hingga Rp30.000,- untuk setiap porsi yang ditawarkan.

10. Joni Steak

joni steak jakarta
image credit: pergikuliner.com

Khusus bagi Anda yang menyukai olahan steak, maka harus mencoba mencicipi menu Joni Steak yang terletak di kawasan Kelapa Gading. Berbagai macam steak tersaji sebagai menu utama.

Seperti salmon steak, tenderloin, hingga sirloin. Penyajiannya pun berbeda dari rumah makan steak lainnya.

Anda tidak akan menikmati hidangan steak dari atas hotplate, tetapi justru berada di atas piring dengan hiasan yang nampak menarik dan mampu menggugah selera pengunjung yang datang.

Joni steak mematok setiap menunya di kisaran harga Rp20.000,- hingga Rp30.000,-. Selain steak, Joni Steak pun menawarkan pilihan menu lain untuk pengunjung yang tidak terlalu menyukai daging, seperti berbagai macam makanan seafood, pasta, serta dish pelengkap untuk camilan.

11. Sate Taichan Bang Ocit

sate taichan bang ocit jakarta
image credit: jktmakmur.wordpress.com

Sate taichan merupakan sate yang disajikan secara berbeda daripada sate pada umumnya.

Bila biasanya Anda akan merasakan bumbu kacang dan kecap berada di atas daging yang dibakar tersebut, Sate Taichan justru polosan tanpa apa pun ketika disajikan. Untuk bumbu, Anda dapat memilih sendiri sesuai selera.

Mencari rumah makan murah & enak di Jakarta yang menyajikan sate taichan, Anda dapat mengunjungi Sate Taichan Bang Ocit yang terletak di Jalan Asia – Afrika, Senayan.

Rumah makan yang berkonsep semi outdoor tersebut tidak pernah sepi pengunjung dan membuat penikmat kuliner rela mengantre hanya untuk mencicipi sate taichan yang khas.

Harga yang dipatok pun berkisar Rp25.000,-, relatif lebih murah dan sangat ramah dengan kantong.

12. Hospital Restaurant & Bar

hospital restaurant bar jakarta
image credit: telusurindonesia.co

Ingin berbeda dari yang lain, Hospital Restaurant & Bar justru memilih konsep rumah sakit sebagai tema.

Selain perabot dan dekorasinya yang dibuat semirip mungkin dengan keadaan rumah sakit, yang mana terdapat selang infus dengan peralatan makan menggunakan alat laboratorium khas rumah sakit, para pelayan yang menyajikan hidangan pun berpakaian ala perawat dan dokter.

Rumah makan murah & enak di Jakarta ini bertempat di kawasan Kebayoran Baru.

Selain sensasi unik ketika menyantap hidangan, Anda pun tidak perlu risau jika kantong jebol, pasalnya harga yang ditawarkan masih relatif terjangkau untuk ukuran mahasiswa sekalipun.

13. Awan Lounge

awan lounge jakarta
image credit: travel.kompas.com

Nyaman, seru, dan memberi pemandangan yang mampu membantu melepas penat menjadi tiga hal yang diberikan Awan Lounge sebagai salah satu tempat makan yang berkonsep terbuka dengan menjadikan atap bangunan sebagai lokasi.

Meskipun banyak rumah makan sejenis, akan tetapi Awan Lounge mampu menarik anak-anak muda dengan sajian makanannya dan harga yang relatif terjangkau.

Anda pun dapat berbincang bersama rekan kerja, teman kuliah sembari menikmati pemandangan kota Jakarta dari atas bangunan.

Keindahan gemerlap lampu Jakarta dapat menjadi pelepas penat setelah seharian berkutat dengan pekerjaan maupun tugas kampus yang menumpuk.

14. Colette & Lola

colette and lola jakarta
image credit: alvin-t.com

Mencari rumah makan murah & enak di Jakarta yang ramah dengan keluarga terutama anak-anak, maka Colette & Lola-lah tempatnya.

Berkonsep ceria, Colette & Lola menawarkan menu khas yang tidak ada di tempat lain, yaitu cake yang dibentuk menyerupai tokoh fiksi kartun agar mampu menarik minat anak-anak untuk menyantap.

Ketika memasuki Colette & Lola, warna biru ceria akan menghiasi ruangan. Cake berdesain tokoh kartun akan menjadi hidangan yang wajib dicoba. Rasa khas dan desain unik bercampur menjadi satu.

Harga yang ditawarkan pun relatif terjangkau dengan desain yang dapat menjadi tempat Anda untuk berswafoto, mengabadikan momen bersama keluarga.

15. Fish Streat

fish streat jakarta
image credit: zomato.com

Fish Streat, seperti namanya sudah pasti akan menyajikan berbagai macam olahan khas ikan. Fish Streat sudah terkenal di kalangan warga Jakarta. Bahkan memiliki tiga cabang yang terletak di daerah Depok, Tebet, dan Bintaro.

Alasan untuk Anda harus mengunjungi Fish Streat ketika berada di tiga daerah tersebut lantaran rasanya yang begitu lezat dan menggugah selera.

Sajian yang menarik dengan hiasan pun dapat menjadi nilai plus. Harga yang ditawarkan pun berkisar Rp 25.000, – hingga Rp35.000,-.

16. Indomie Abang Adek

indomie abang adek jakarta
image credit: ontracknews.id

Murah tetapi tidak murahan. Itulah konsep yang ditawarkan warung Indomie Abang Adek yang menyajikan olahan mie dengan berbagai level pedas.

Meskipun hanya menawarkan menu khas warung kaki lima di pinggir jalan, tetapi warung Indomie Abang Adek dapat menyita perhatian anak-anak muda Jakarta dengan tingkat kepedasan dari setiap menu yang ditawarkan.

Anda dapat mencoba tingkat kepedasan yang berbeda-beda ketika berkunjung ke Warung Indomie Abang Adek. Mulai dari tingkat pedas sedang, pedas garuk, pedas gila, hingga pedas mampus yang mana taburan cabai di dalamnya bisa mencapai 100 biji.

Harga yang ditawarkan pun khas untuk warung yang terletak di pinggir jalan, sangat cocok untuk mahasiswa maupun para pendatang yang ingin menghemat.

17. Soto Betawi H. Ma’ruf

soto betawi haji ma'ruf jakarta
image credit: travelingyuk.com

Sudah berdiri sejak tahun 1940, Soto Betawi H. Ma’ruf menjadi favorit para penikmat kuliner nusantara.

Soto betawi yang khas dengan rempah-rempah di dalamnya membuat Anda enggan berpaling ke tempat lain setelah mencobanya sekali.

Rasa pun tidak perlu diragukan lagi, dijamin enak dan membuat Anda ketagihan untuk mencoba sekali lagi bersama keluarga setelah mencicipinya.

Harga yang ditawarkan pun relatif murah, berkisar antara Rp23.000,- hingga Rp38.000,-.

18. Sate Maranggi Bu Yayah

sate maranggi bu yayah jakarta
image credit: demenmakan.com

Tempat makan murah & enak di Jakarta selanjutnya adalah Sate Maranggi Bu Yayah yang sudah terkenal di kalangan warga Jakarta.

Rumah makan yang terletak di LMK PLN Duren Tiga ini menawarkan olahan sate khas dengan taburan bumbu kacang dan kecap di atasnya.

Rumah makan asli dari Purwakarta ini memiliki tiga pilihan menu yaitu sate ayam, sate kambing, serta sate daging sapi tanpa lemak. Harga yang ditawarkan pun relatif murah, berkisar Rp20.000,- per porsinya.

19. Bubur Ayam Barito

bubur ayam barito jakarta
image credit: pegipegi.com

Meski berlokasi di pinggir jalan dengan tenda kecil dan khas warung rakyat kaki lima, akan tetapi Bubur Ayam Barito tidak pernah sepi pengunjung.

Warung yang sudah beroperasi sejak tahun 1992 ini, tetap ramai pengunjung meski hanya menawarkan sajian bubur ayam khas Jakarta dengan berbagai macam lauk dan suwiran sayur serta daging di atasnya.

Soto menjadi pelengkap menu lainnya yang tidak boleh dilewatkan. Anda dapat menyantap langsung di tempat dengan suasana khas pedang warung tenda.

Harga yang ditawarkan pun berkisar Rp14.000,- per porsinya. Terhitung sangat murah dengan cita rasa lezat yang akan Anda rasakan setelah menikmatinya.

20. Ragusa

image credit: goodindonesianfood.com

Tempat makan murah & enak di Jakarta terakhir adalah Ragusa Es Italia. Tempat makan ini sangat cocok untuk Anda yang menyukai olahan es krim dan pas ketika disantap di siang hari ketika cuaca tengah terik.

Menu khas yang wajib Anda coba ketika berkunjung ke Ragusa Es Italia adalah spaghetti es krim. Perpaduan antara gurihnya spaghetti yang dicampur dengan manisnya es krim dapat Anda rasakan ketika menyantapnya.

Selain es krim, Anda pun dapat mencoba otak-otak, asinan, serta sate ayam yang dijual terpisah di luar.

Desain ruangan Ragusa Es Italia pun cukup unik, yaitu mengusung tema khas 1930-an yang bergaya klasik. Meskipun begitu, harga tiap porsinya hanya dipatok di kisaran Rp27.000,-.


Jadi, mana tempat makan murah & enak di Jakarta yang ingin Anda datangi? Atau mungkin sudah ada yang pernah Anda kunjungi sebelumnya?

TAGS
#makan murah #restoran jakarta #tempat makan jakarta #tempat makan murah jakarta