Artikel

10 Hal yang Wajib Kamu Paham di Era Digital Saat Ini!

Hal yang Harus Kamu Ketahui di Era Digital Agar Tidak Ketinggalan Zaman

Era digital adalah era di mana kita hidup saat ini. Saat ini, kita bisa menikmati banyak fasilitas yang memudahkan aktivitas kita. Mulai dari internet, hingga gadget sudah menjadi sahabat kita sehari-hari.

Kita bisa mengakses informasi setiap hari di mana saja dan kapan saja. Peluang usaha dan kerja pun kini sudah semakin mudah kita temukan.

Ada banyak hal positif yang bisa kita rasakan di era digital. Era tersebut telah membawa tren gaya hidup kita menjadi semakin mudah. Hal tersebut karena peranan teknologi informasi komputer yang saat ini bisa kita rasakan.

Apa Itu Era Digital?
Era digital atau disebut juga sebagai media baru, merupakan istilah yang merujuk pada era saat ini. Di mana saat ini telah muncul digital, dan jaringan internet, khususnya teknologi informasi komputer.

Era ini pun sering juga digunakan sebagai gambaran untuk teknologi digital yang kini berkembang.

Untuk membedakannya, media seperti televisi, koran, media cetak, dan lain-lain tidak bisa dikatakan sebagai media baru. Namun, ketika media-media tersebut beralih ke internet, barulah bisa dikatakan sebagai perkembangan media baru. Hal ini dilakukan untuk mengikuti kemajuan zaman.

Banyak hal positif yang bisa kita manfaatkan di era tersebut. Namun, kita pun harus mempersiapkan berbagai kemungkinan buruknya. Penting bagi kita agar tidak terjebak di era tersebut.

Sejatinya, kita lah sebagai umat manusia yang harus bisa memanfaatkan digital untuk hal positif. Bukan malah kita yang terjebak oleh digital karena tidak bisa memanfaatkannya dengan benar.

Terlebih, Indonesia saat ini tengah menyongsong revolusi industri 4.0 di era digital. Pemerintah pun bahkan telah mempersiapkannya sejak dini melalui banyak hal.

Salah satunya dengan peresmian roadmap Presiden Jokowi, yang disebut Making Indonesia 4.0. Hal tersebut dilakukan agar dapat menciptakan lapangan pekerjaan dan investasi berbasis teknologi.

Kesimpulannya, kemunculan era ini mengharuskan kita untuk bisa berpikir cerdas. Jika tidak, justru hadirnya era tersebut akan membuat kemunduran bagi umat manusia.

10 Hal yang Harus Kamu Tahu di Era Digital

Agar tidak tertinggal informasi, ada banyak hal yang harus Kamu ketahui di era digital saat ini. Hal-hal tersebut mencakup ke dalam berbagai aspek. Untuk lebih jelasnya, akan kami paparkan di bawah ini:

melamar pekerjaan di era digital

1. Ketahui Cara Melamar Pekerjaan di Era Millenial
Tren cara melamar pekerjaan saat ini sudah bergeser menuju konsep digital. Mulai dari tata cara pembuatan, hingga proses pengiriman lamaran, saat ini telah berubah drastis.

Dokumen lamaran sudah tidak musim berbentuk fisik. Kini zamannya dokumen serba digital. Jadi, kamu harus tahu bagaimana cara membuatnya.

Tren cara melamar pekerjaan saat ini sudah bergeser menuju konsep digital. Mulai dari tata cara pembuatan, hingga proses pengiriman lamaran, saat ini telah berubah drastis.

Dokumen lamaran sudah tidak musim berbentuk fisik. Kini zamannya dokumen serba digital. Jadi, kamu harus tahu bagaimana cara membuatnya.

Dulu, dokumen lamaran dibuat seformal mungkin. Saat ini, ada beberapa hal yang dibuat menarik dengan trik-trik khusus. Salah satunya adalah pada pembuatan resume.

Buatlah resume semenarik mungkin. Ada banyak contoh yang bisa Anda pelajari dari Google. Lengkapi resume Anda dengan skill yang Anda kuasai, pengalaman kerja, dan lainnya.

Selain itu, jangan lupa juga untuk menggunakan media sosial, dan email. Pencari tenaga kerja banyak yang aktif mencari karyawan melalui media sosial, lho.

Gunakan juga selalu email, dan tetapkan satu email khusus profesional pekerjaan atau bisnis.

2. Trik Mencari Peluang Kerja di Era Digital
Banyak orang yang mengeluh sulit mendapatkan pekerjaan. Namun, jika kamu memiliki skill yang mumpuni, mendapatkan pekerjaan ternyata tidak terlalu sulit.

Ada banyak peluang yang bisa dimanfaatkan oleh seorang job hunter. Salah satu yang bisa dimanfaatkan adalah Linkedin.

Bagi yang belum tahu, Linkedin adalah sebuah media sosial mirip-mirip Facebook. Namun, media sosial ini dikhususkan untuk para profesional.

Di Linkedin, kamu bisa menambah pertemanan dengan orang yang memiliki passion sama. Atau, kamu bisa mencari pekerjaan sesuai dengan bakat dan kemampuan. Ada banyak lowongan pekerjaan yang di-share setiap harinya. Buat seorang job hunter, kamu wajib menggunakannya.

Selain Linkedin, Facebook juga bisa menjadi solusi untuk mencari lowongan pekerjaan. Ada banyak grup-grup yang khusus bagi para job hunter.

melek teknologi di era digital

3. Melek Teknologi
Ini sebenarnya poin penting yang wajib dipahami di era millenial saat ini. Melek teknologi akan memberi kamu banyak peluang baru. Karena, digitalisasi membawa arah tren pencarian informasi menjadi semakin instan.

Ada banyak informasi yang bisa digali untuk meningkatkan wawasan, hingga skill yang kamu miliki.

Terlebih, ada banyak sekali aspek yang kini sudah mulai didigitalisasi. Bahkan, salah satunya mungkin saja aspek yang Anda sukai. Contoh kecilnya adalah seorang desainer.

Dulu, seorang desainer membuat karya seni melalui teknik konvensional. Saat ini, ada banyak perangkat lunak yang dapat mempermudah pekerjaan mereka.

Hal tersebut juga berlaku bagi para pedagang. Saat ini pedagang bisa menjual barangnya tanpa harus memiliki sebuah toko konvensional. Itulah kenapa kita harus melek terhadap perkembangan teknologi saat ini agar tidak tertinggal.

4. Mampu Bekerjasama dan Menjadi Bagian dari Sebuah Tim
Kaum millenial harus sadar bahwa tidak akan selamanya dapat menyelesaikan pekerjaannya sendiri. Sebagai makhluk sosial, kamu harus bisa menjadi bagian dari sebuah tim. Kamu harus bisa berkolaborasi dengan tim untuk mencapai tujuan bersama.

Poin ini menuntun kamu agar bisa fleksibel, bisa beradaptasi dengan lingkungan baru, dan memiliki jiwa team work yang tinggi. Kerjasama yang kamu lakukan bukan hanya sebatas menyelesaikan masalah.

Atau, bukan juga untuk menyelesaikan pekerjaan agar cepat. Akan tetapi, untuk membuat sebuah korporasi menjadi semakin besar dan kuat.

kreatif dan inovatif di era digital

5. Kreatif dan Inovatif
Dua hal ini akan menjadi modal besar bagimu yang hidup di era millenial. Generasi millenial harus kreatif dan inovatif. Untuk menunjang hal ini agar bisa terwujud, saat ini ada banyak jenis teknologi yang bisa mempermudahnya.

Misalnya, teknologi transportasi online yang bisa kita manfaatkan untuk mempermudah hidup kita.

Kreativitas di era millenial ini bisa diwujudkan dalam berbagai hal. Skill yang bisa dimanfaatkan pun begitu banyak. Kamu bisa memanfaatkan kemampuanmu seperti dalam bidang fotografi, desain, menulis, dan masih banyak lainnya.

6. Memiliki Kemampuan untuk Mempresentasikan Pekerjaan
Skill ini terbilang sangat dibutuhkan di era millenial. Untuk dapat mempresentasikan pekerjaan, tidak perlu memiliki kecantikan ataupun ketampanan.

Yang paling penting, kamu harus percaya diri dan memiliki kemampuan komunikasi yang baik. Untuk melatih kepercayaan diri, kamu harus sering berinteraksi dengan berbagai macam orang dan berani memulainya.

Kepercayaan diri penting sekali pada saat melakukan presentasi. Bahkan, bisa dikatakan bahwa kepercayaan diri adalah modal utama presentasi pekerjaan.

Berbicara di depan publik, bukan hanya asal bisa saja. Namun, apa yang kamu sampaikan harus ada isinya. Semua yang mendengarkan pun harus paham dengan apa yang kamu bicarakan.

Untuk bisa melakukannya, latihlah dan bertemulah dengan orang-orang yang baru.

skill manajemen waktu di era digital

7. Memiliki Skill Manajemen Waktu
Manajemen waktu merupakan suatu unsur yang paling penting dalam kelancaran pekerjaan. Karena, ketika kamu tidak bisa mengatur waktu, maka akan keteteran dalam mengejar deadline.

Selain itu, jangan sekali-kali asal kerja cepat, namun tetap perhatikan kualitas.

Pekerjaanmu harus tepat waktu. Pasalnya, dunia kerja itu sangat dinamis. Suatu waktu kamu bisa saja dikejutkan dengan pekerjaan mendadak dari kantor atau klien.

Dengan manajemen waktu yang tepat, kamu dapat mengurangi tuntutan multitasking. Memiliki kemampuan multitasking di era millenial memang perlu.

Namun, hal tersebut tidak bagus dilakukan terlalu sering. Multitasking memiliki beberapa efek buruk, salah satunya membuat fokus menjadi terbagi.

Maka dari itu, jika kamu sudah ahli dalam manajemen waktu, apapun urusannya, kamu bisa menjalaninya dengan santai dan profesional.

8. Memiliki Kemampuan Bekerja Secara Mandiri Jika Diperlukan
Selalu ada masa di mana kamu harus mengerjakan pekerjaan sendiri. Di sinilah kamu dituntut untuk mandiri dalam pekerjaan.

Memiliki sifat mandiri sangat penting agar bisa menyelamatkan dirimu sendiri dari pekerjaan yang membebani.

Kondisi ini bisa terjadi kapan saja. Khususnya ketika orang lain memiliki tanggung jawabnya sendiri. Jadi, kamu jangan terlalu mengharapkan bantuan mereka.

Selagi kamu mampu, selesaikanlah sendiri, sebaik mungkin dan secepat mungkin.

9. Asah Skill-mu Karena Era Digital Adalah Eranya Para Freelancer
Apapun skill yang kamu miliki, asalkan banyak dicari dan dibutuhkan, kamu bisa menawarkannya secara online. Kesempatan mendapatkan pekerjaan tanpa perlu keluar rumah pun terbuka lebar.

Faktanya, ada banyak freelancer yang mendapatkan fee tanpa harus bekerja di kantoran. Yang mereka lakukan adalah menjual jasanya secara online.

Ada banyak skill yang bisa Anda gali untuk hal ini. Mulai dari skill menulis, desain grafis, edit video, dan masih banyak lainnya. Para freelancer memiliki fee yang tidak dapat dianggap remeh.

Bahkan, tidak kalah dengan mereka yang bekerja di kantoran. Atau bahkan ada yang lebih besar dari pekerja kantoran.

paham internet marketing di era digital

10. Paham Teknik Internet Marketing Bagi Pelaku Usaha
Siapa yang tidak ingin bisnisnya sukses di internet? Rasa-rasanya, setiap pelaku usaha ingin sukses dalam hal tersebut. Internet marketing menjadi gerbang untuk membuka peluang yang lebih besar.

Pemasaran bisa dilakukan jauh lebih luas. Jika produk atau layanan mumpuni, bahkan bisa dipasarkan secara global.

Hampir setiap perusahaan saat ini ingin memasarkan produk maupun layanannya secara online. Hal ini dilakukan demi menjaring customer yang lebih besar.

Nah, salah satu bekalnya adalah memahami teknik internet marketing. Memang memahaminya tidak bisa dilakukan secara instan. Kamu harus banyak belajar untuk bisa menjadi seorang marketer andal.

Kesimpulan

Era saat ini telah memberi banyak sekali kemudahan bagi kita. Semua hal sudah serba didigitalisasi. Dulu, kita hanya menggunakan internet untuk mengakses informasi saja.

Namun, saat ini kita sudah bisa menggunakannya untuk belanja, mencari layanan, dan lain sebagainya. Selain menjadi konsumen, bahkan kamu berkesempatan untuk menjadi pelaku usaha.

Sulitnya mencari pekerjaan, dan membuka peluang usaha kini sudah bukan masalah lagi. Internet menyambutmu dengan berbagai fasilitas untuk mewujudkannya.

Tapi, kamu juga harus memiliki bekal untuk bisa bersaing di era saat ini. Poin-poin di atas adalah hal yang bisa kamu aplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.

Tujuannya, agar kamu bisa memanfaatkan digital untuk hal-hal yang positif, dan bisa muncul menjadi yang terdepan. Itulah ulasan seputar era digital, dan hal apa saja yang harus kamu pahami di era saat ini. Manfaatkanlah era ini sebaik mungkin.

Gunakan untuk hal-hal positif agar bisa bermanfaat bagi diri sendiri, dan orang lain.

TAGS
#era digital #melek digital #skill digital #skill era digital